Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Karangasem I Made Sugiartha,. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Alokasi Dana Desa (ADD) untuk 75 desa yang ada di Kabupaten Karangasem mengalami kenaikan sebesar Rp 8 miliar dari tahun sebelumnya. Dan untuk tahap pertama ADD telah dicairkan ke 75 desa yang ada di Karangasem.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Karangasem I Made Sugiartha, Kamis (25/4) mengungkapkan, kalau untuk tahun ini, ADD untuk Kabupaten Karangasem mengalami kenaikan dibanding tahun 2023 lalu.

Baca juga:  Dana Desa Mencegah Urbanisasi

Kata dia, tahun ini Karangasem mendapatkan senilai Rp 100 miliar lebih. Jumlah ini mengalami kenaikan Rp 8 miliar lebih dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp 92,43 miliar. “ADD tahap pertama telah dicairkan ke 75 desa,” ujarnya.

Sugiartha mengatakan, untuk pencairan ADD tahap kedua masih menunggu SPJ atau laporan pertanggungjawaban dari masing-masing desa. Untuk proses pencairannya ada dua tahap. “Masih menunggu SPJ dan sebagainya secara teknis baru nantinya tahap dua menyusul,” katanya.

Baca juga:  Kebakaran, Warga Alami Kerugian Hingga Rp 500 Juta

Dia menjelaskan, besaran ADD sendiri beragam dengan memperhitungkan luas wilayah, jumlah penduduk miskin, serta kategori desa tersebut apakah maju atau mandiri. “Dana ini dipergunakan untuk membiayai program pemerintah desa dalam melaksanakan pemerintahan hingga pemberdayaan masyarakat,” jelas Sugiartha. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN