Suasana di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. (BP/Antara)

TANGERANG, BALIPOST.com – Tren perlintasan penumpang melalui Bandara Internasional Soetta selama musim mudik Lebaran 2024 mengalami peningkatan hingga 10 persen. Hal ini berdasarkan data Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Soekarno-Hatta (Soetta).

Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Imigrasi Soekarno-Hatta Bambang Tri Cahyono di Tangerang, Rabu, mengatakan tren peningkatan itu terlihat dari data perlintasan penumpang, baik Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA). “Data lintasan tempat pemeriksaan TPI ini selama H-7 hingga H+7 hari raya Idul Fitri 1445 Hijrah atau 3 – 17 April 2024. Jika dibanding tahun lalu ini terdapat kenaikan 10 persen,” ujarnya dikutip dari Kantor Berita Antara.

Baca juga:  Badung Penuhi Peluang Pasar Ekspor Dari Kopi

Bambang merinci pada tahun 2023 lalu jumlah penumpang yang melintas melalui Bandara Soetta mencapai 280.196 penumpang. Sedangkan pada tahun ini TPI mencatat terdapat 347.600 pada tahun 2024.

Sedangkan, untuk pergerakan penumpang yang tiba di Indonesia juga mengalami kenaikan sebanyak 324.699 orang penumpang.

“Itu penumpang yang pergi meninggalkan Indonesia atau ke luar negeri. Jika pada tahun 2023 jumlah penumpang yang datang pada periode angkutan Lebaran berjumlah 247.385 maka pada tahun 2024 berjumlah 324.699 penumpang. Kalau yang tiba malah naik 13 persen,” sebutnya.

Baca juga:  KM Sinar Bangun Tenggelam, 178 Penumpang Masih Hilang

Sementara itu, Kepala Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi Soekarno-Hatta Uchky Adhitya mengklaim jika pihaknya terus melakukan peningkatan dalam memberikan pelayanan. Pada tahun ini TPI Imigrasi Bandara Soetta juga menambahkan fasilitas autogate.

“Imigrasi telah memasang 78 autogate baru di Terminal 3 Bandara Soetta, 52 di terminal kedatangan dan 16 di terminal keberangkatan, dan 10 autogate baru di Terminal 2, masing-masing 5 di terminal kedatangan dan keberangkatan. Alat ini dapat digunakan baik oleh WNI maupun WNA,” ujarnya.

Baca juga:  Candaan Penumpang Lion Air Gegerkan Bandara Ngurah Rai

Ia menyebut fasilitas yang diberikan pihaknya dianggap sangat membantu bagi pengguna jasa penerbangan.

Sementara itu, terdapat lima negara yang menjadi sasaran bagi para pelancong mancanegara selama libur Lebaran.

“Petugas Imigrasi secara berkala mengarahkan penumpang yang baru tiba agar memanfaatkan lintasan autogate, selain konter manual. Ada 62 petugas Imigrasi yang ditempatkan di Terminal 2 dan Terminal 3. Singapura, Malaysia, Thailand, Hong Kong dan Uni Emirate Arab,” ucapnya. (kmb/balipost)

BAGIKAN