Sejumlah penumpang menunggu keberangkatan di ruang tunggu Terminal Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, Senin (15/4/2024). (BP/Ant)

BADUNG, BALIPOST.com – Terminal Mengwi di Kabupaten Badung, Bali, menjadi alternatif pilihan keberangkatan wisatawan domestik setelah tiket penerbangan langsung rute Bali menuju Jakarta dan Surabaya yang sudah habis terjual hingga Rabu (17/4).

“Menjadi alternatif, baik yang keperluan mudik, selesai berwisata di Bali kemudian kembali ke daerah asal menggunakan bus,” kata Kepala Seksi Prasarana Jalan, Sungai, Danau dan Penyeberangan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Bali Anak Agung Oka Nirjaya di Mengwi, Badung, Bali, dikutip dari Kantor Berita Antara, Senin (15/4).

Ada pun Terminal Mengwi merupakan terminal tipe A yang melayani angkutan antarkota antarprovinsi (AKAP) dan menjadi satuan layanan di bawah koordinasi BPTD Kelas II Bali.

Baca juga:  Soal Terminal Ubung, Begini Jawaban Kemenhub

Ada pun rute keberangkatan dominan melayani kota-kota di Jawa Timur salah satunya Surabaya, kota-kota di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jakarta.

Sedangkan arus kedatangan paling banyak dari kabupaten/kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Berdasarkan data Terminal Mengwi, jumlah penumpang yang tiba dan berangkat pada arus balikLebaran 2024 tidak terlalu jauh perbedaannya, bahkan pada tanggal tertentu, justru lebih banyak penumpang yang berangkat.

Penumpang yang berangkat tersebut diperkirakan merupakan wisatawan domestik yang kembali ke daerah asal setelah berwisata libur Lebaran di Bali.

Baca juga:  Satpol PP Klungkung Amankan Pengamen dan Pengemis

Pada Sabtu (13/4) jumlah penumpang datang di Terminal Mengwi mencapai 1.208 orang yang diangkut 57 bus dan penumpang yang berangkat lebih tinggi mencapai 1.646 orang yang diangkut 74 bus.

Sedangkan pada Minggu (14/4) jumlah penumpang datang mencapai 1.857 orang yang diangkut 66 bus, sedangkan penumpang yang berangkat mencapai 1.879 orang dengan menumpangi 77 bus.

Sementara itu, berdasarkan penelusuran tiket pesawat udara yang diakses pada Senin ini pukul 10.30 Wita di dua agen perjalanan berbasis aplikasi yakni Traveloka dan Tiket.com, tiket untuk rute penerbangan langsung dari Bali menuju Jakarta dan Surabaya pada Senin (15/4) hingga Rabu (17/4) sudah tidak tersedia alias sudah habis terjual.

Baca juga:  Terminal Mengwi Perketat Pemeriksaan

Bahkan, beberapa maskapai penerbangan hanya ada tiket transit salah satunya di Kuala Lumpur untuk rute dari Bali menuju Jakarta pada keberangkatan Selasa (16/4) dengan harga di atas Rp5 juta.

Tiket penerbangan langsung dari Bali menuju dua kota itu tersedia pada Kamis (18/4). Situasi tersebut juga diakui beberapa penumpang yang beralih menggunakan bus di Terminal Mengwi salah satunya Hasan yang berangkat menuju Jakarta. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN