Krama Desa Adat Nongan mengikuti prosesi mesucian ke Pesucian Dari. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Krama Desa Adat Nongan mengikuti prosesi Ida Bhatara Brahma, Wisnu, lan Rambut Sedana lunga mesucian ke Pesucian Dari, serangakaian upacara Aci Ngusaba Dalem, Ida Bhatara Dalem Nongan dan Ida Bhatara Dalem Kupa melaksanakan Memasar, dan Pujawali di Pura Pesamuan Agung Desa Adat Nongan, Kecamatan Rendang, Jumat (12/4).

Bendesa Adat Nongan I Komang Yadnya, mengungkapkan, sebelum dilaksanakannya mesucian, umat lebih dulu menggelar upacara munggah dangsil di Pura Pesamuan Agung. “Upacara Munggah dangsil dilakukan pukul 09.00 WITA, setalah itu dilanjutkan mesucian Ida Bhatara Brahma, Wisnu lan Rambut Sedana Lunga Mesucian ke Pesucian Dari di Bangbang,” ucapnya.

Baca juga:  Bupati Giri Prasta Hadiri Karya Pura Dalem Penataran Kepaon

Yadnya mengatakan, setalah Ida Bhatara Brahma, Wisnu lan Rambut Sedana datang dari mesucian, bersama dengan Ida Bhatara Dalem lunga memasar. “Untuk Ida Bhatara memasar akan berlangsung pukul 14.00 WITA,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk upacara besok pada Sabtu (13/4), Ida Bhatara Katuran Bhakti Penyuung, Penganyar, lan Pujawali ring Pura Pesamuan Agung lan Melanting. Kemudian pada 14 April akan dilakukan nyineb dan Ida Bhatara Katuran Bhakti Pengebek lan Penyineb Ida Bhatara Dalem mewali ke Pura Dalem masing-masing. “Untuk 22 April nanti akan Katuran Bhakti Nyolasin ring Pura Dalem soang-soang (masing-masing) dan pada 23 April 2024 sekitar pukul 09.00 WITA akan digelar bhakti nyolasin di Pura Pesamuan Agung lan Melanting,” imbuh Yadnya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Tingkatkan Jumlah Kunjungan, Pengelola Terus Tata Objek Wisata Pondok Edelweis
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *