AMLAPURA, BALIPOST.com – Upacara Aci Ngusaba Dalem, Ida Bhatara Dalem Nongan dan Ida Bhatara Dalem Kupa melaksanakan mamasar, dan pujawali di Pura Pesamuan Agung Desa Adat Nongan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem berlangsung selama empat hari.

Serangkaian upacara itu telah dilaksanakan prosesi Ida Bhatara Brahma, Wisnu lan Rambut Sedana Lunga Mesucian ke Pesucian Dari, pada Jumat, 12 April lalu.

Bendesa Adat Nongan, I Komang Yadnya mengungkapkan sebelum dilaksanakannya Ida Bhatara Brahma, Wisnu lan Rambut Sedana Lunga Mesucian ke Pesucian Dari, lebih dulu telah dilaksanakan upacara upacara Munggah dangsil di Pura Pesamuan Agung.

Baca juga:  Ngusaba Dalem, Krama Desa Adat Nongan Ikuti Prosesi Mesucian ke Pesucian Dari

Upacara Munggah dangsil dilakukan pukul 09.00 WITA, setelah itu dilanjutkan mesucian Ida Bhatara Brahma, Wisnu lan Rambut Sedana Lunga Mesucian ke Pesucian Dari di Bangbang.

Yadnya mengatakan, setelah Ida Bhatara Brahma, Wisnu lan Rambut Sedana  datang dari masucian ke Pesucian Dari, Sinarengan Sareng Ida Bhatara Dalem lunga Memasar.

Dia menjelaskan untuk upacara pada tanggal 13 Ida Bhatara Katuran Bhakti Penyuung, Penganyar, lan Pujawali ring Pura Pesamuan Agung lan Melanting, dan 14 Nyineb dan Ida Bhatara Katuran Bhakti Pengebek lan PenyinebIda Bhatara Dalem mewali ke Pura Dalem Soang-Soang.

Baca juga:  Karangasem Laporkan Tambahan Belasan Kasus COVID-19 dan Korban Jiwa

Dia menjelaskan, kalau upacara ini memang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Karena upacara Ngusaba Dalem sudah menjadi tradisi setiap tahun secara turun temurun oleh Krama Desa Adat Nongan.

Kemudian, dilanjutkan dengan prosesi Ida Bhatara Dalem “Mamasar” di Pura Pesamuan Agung yang lokasinya berada di dekat Pasar Desa Adat Nongan. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN