Dokumentasi situasi pintu kedatangan domestik Bandara I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bali. (BP/Ant)

DENPASAR, BALIPOST.com – Penumpang domestik yang datang saat periode arus mudik 3-10 April 2024 sebanyak 125.087 orang. Hal itu disebutkan General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan.

“Khusus untuk domestik saja, selama periode tersebut kami mencatat ada sebanyak 219.669 penumpang, dimana 125.087 atau 57 persen-nya adalah penumpang domestik yang datang,” kata dia kepada Antara di Denpasar, dikutip dari kantor berita Antara, Kamis (11/4).

Bandara I Gusti Ngurah Rai membuka posko angkutan Lebaran 2024 dari tanggal 3 hingga 18 Apri, namun terbagi atas arus mudik dan arus balik.

Meski jumlah kedatangan penumpang domestik selama 8 hari terlihat tinggi, nyatanya realisasi tersebut masih di bawah prediksi mereka yang sebanyak 227.061 penumpang domestik dari kedatangan dan keberangkatan. 125 ribu orang yang datang ini juga ternyata masih berada di bawah kondisi Lebaran 2023 yang berjumlah 131.781 penumpang dalam periode arus mudik.

Baca juga:  Diperketat, Pengawasan Penumpang di Pelabuhan Celukan Bawang

“Secara umum kami melihat tidak ada lonjakan penumpang yang signifikan jika dibanding jumlah penumpang di periode posko tahun sebelumnya, pada tahun lalu kami mencatat sejumlah 131.781 penumpang atau realisasi tahun ini berada 5 persen di bawah tahun lalu,” ujar Handy.

Meski tak sebanyak tahun lalu, pihak Angkasa Pura masih ingin menghimpun data hingga akhir posko angkutan Lebaran 2024 lantaran jika dihitung keseluruhan pergerakan mereka meyakini ada kenaikan sebesar 1,36 persen jika dibanding periode posko tahun 2023.

Baca juga:  Pemilik Lokalisasi di Kuta Selatan Didatangi PPNS Satpol PP

Jika dilihat lebih jauh, pergerakan penumpang domestik keluar masuk Bali paling terasa pada Minggu (7/4) lalu atau H-3 Lebaran dengan 33.215 penumpang, namun untuk keseluruhan dengan penumpang internasional maka puncaknya pada Sabtu (6/4) dengan total 72.402 penumpang.

Untuk rutenya, kedatangan dan keberangkatan domestik tak jauh berbeda yaitu didominasi Jakarta melalui Bandara Soekarno Hatta, disusul Surabaya, dan Makassar.

Selama arus mudik 8 hari pertama posko angkutan, Bandara I Gusti Ngurah Rai juga menerima permohonan penerbangan ekstra dari maskapai domestik. “Dari total 299 pengajuan penerbangan ekstra yang kami terima, hingga kemarin telah terealisasi sebanyak 90 penerbangan atau mencapai 30 persen, rata-rata per harinya ada sekitar 12 penerbangan tambahan dengan rute yang ditambah Makassar, Surabaya, Solo, Jakarta, Banjarmasin, dan Lombok,” kata Handy.

Baca juga:  Kemenhub Ajak Anak-Anak Cintai Dunia Penerbangan

Total jika tidak hanya kedatangan maka selama pergerakan arus mudik bandara di Bali selatan tersebut sudah melayani 512.794 penumpang.

Jumlah tersebut didominasi oleh penumpang yang datang yaitu sebanyak 267.390 orang dan penumpang yang berangkat sebanyak 254.404 orang. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *