Umat Hindu menggelar melasti serangkaian pelaksanaan IBTK di Pura Agung Besakih, Karangasem pada Jumat (22/3). (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pemedek dipastikan akan membeludak bersembahyang ke Pura Agung Besakih, Karangasem serangkaian Tawur Tabuh Gentuh lan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh (IBTK).

Untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada pemedek, Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem membangun tiga posko kesehatan di kawasan Pura Agung Besakih.

Kepala Diskes Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama mengungkapkan, posko kesehatan dibangun di Kedungdung, Manik Mas dan Pasucian. “Masing-masing pos akan ada petugas kesehatan lengkap dengan peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan pertolongan pertama bagi para pemedek,” ucapnya.

Baca juga:  Warga Serangan Protes Rencana BTID Buka Kanal di Pantai Melasti

Pertama mengatakan, petugas kesehatan yang ditugaskan untuk memberikan pelayanan kesehatan mencapai ratusan petugas. “Untuk jumlahnya saya tidak hafal, intinya mencapai ratusan petugas. Karena gabungan dari beberapa Kabupaten lain,” katanya.

Menurut Pertama, nantinya para petugas kesehatan ini akan berjaga secara bergantian setiap harinya. Karena jadwalnya sudah tersusun dengan baik. Sehingga tiap hari akan ada petugas yang berbeda yang melakukan penjagaan.

“Menyediakan pos kesehatan tersebut untuk melakukan antisipasi jika seandainya ada pemedek pingsan. Karena berkaca dari tahun-tahun sebelumnya selalu ada pemedek yang pingsan karena berdesak-desakan,” imbuhnya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Dari Mantan Ketua LPD Sekali ke Kafe Habiskan Rp 10 Juta hingga Sukla Satyagraha Beng Gianyar Ditutup
BAGIKAN