Wisatawan saat menyeberang mempergunakan fastboat. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Wisatawan mancanegara (wisman) menyeberang dari Dermaga Rakyat Pelabuhan Padangbai, Karangasem menuju Gili Terawangan, Nusa Tenggara Barat (NTB) menggunakan fastboat mulai ramai. Hal itu diungkapkan Kepala Kesyahbandaran Otoritas Penyeberangan (KSOP) Padang Bai, Ni Luh Putu Eka Suyasmin.

Suyasmin menambahkan, jumlah penyeberangan fastboat di Dermaga Rakyat Padangbai mengalami peningkatan sejak sebulan lalu. Otomatis trip penyeberangan ditambah.

Semula 2 trip menjadi 7 trip. “Wisatawan mancanegara yang menyebrang memakai fastboat sekitar 600 sampai dengan 700 perharinya dengan tujuan ke Gili Terawangan. Penyebrangan meningkat usai ada kebijakan pelonggaran menyebrang,” ucap suyasmin.

Baca juga:  Ubud

Menurut Suyasmin, wisatawan mancanegara serta domestik yang berkunjung ke Gili Terawangan sudah mulai terus berdatangan. Penyeberangan mulai berjalan menuju ke titik normal walaupun masih berproses.

Perusahaan fastboat yang beroperasi saat ini sebanyak 6 fastboat. Satu unit bisa melayani 1 sampai 2 trip penyeberangan. “Kalau dulu sebelum pandemi COVID- 19, wisatawan yang menyeberang bisa mencapai 2.000 orang per hari. Sekarang kunjungan sudah mulai baik, kemungkinan akan terus meningkat jumlahnya. Untuk cuaca di Selat Lombok masih aman, lancar. Tak ada hambatan,” imbuhnya.

Baca juga:  Dugaan Oknum Imigrasi "Palak" Wisatawan Nepal, Ini Kata Kepala Imigrasi Ngurah Rai

Dia berharap, kunjungan wisatawan terus mengalami peningkatan, sehingga penyeberangan fastboat kembali ramai seperti sebelumnya. Untuk penyeberangan kapal ferry sudah kembali normal setelah arus balik. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN