Krama Desa Adat Pesedahan, Karangasem menerima bantuan sembako dari BRI dalam rangka perayaan Nyepi. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Desa Pesedahan berlokasi di Kecamatan Manggis, Karangasem. Terletak di kawasan yang merupakan ikon pariwisata Karangasem, Tenganan, warganya banyak yang menekuni usaha kerajinan dan pertanian.

Menurut Bendesa Desa Pesedahan, I Wayan Suwenten, warganya memang banyak yang bergerak di bidang usaha mikro dan kecil. Terdapat juga warga yang menjadi peternak ayam.

Ia pun mengakui untuk membantu permodalan, warganya banyak yang memanfaatkan kredit usaha rakyat (KUR) yang disalurkan BRI. Bahkan karena KUR yang dipinjam warga dianggap lancar, sejumlah bantuan diperoleh desa ini dari BRI lewat program BRI Peduli.

Suwenten menuturkan bantuan terbaru yang diberikan BRI adalah paket sembako untuk memperingati Hari Suci Nyepi yang jatuh pada 11 Maret 2024. Tak tanggung-tanggung sebanyak 1.000 paket sembako diserahkan BRI untuk warga Pesedahan pada Kamis (7/3) lalu.

Baca juga:  Karangasem Ikuti 9 Materi di PKB 2019

Dikatakannya, bantuan dari BRI ini bukan sekali saja diberikan. Di 2020 lalu, pihaknya juga memperoleh bantuan pembangunan Pura Pemastuan.

Saat itu, desa adat melakukan renovasi yang memerlukan dana cukup besar. “Kami mendapat bantuan renovasi dari BRI karena keberadaan pura yang sudah rusak berat dan sudah tenggelam dari permukaan wilayah sekitarnya. Renovasi tersebut juga sangat membantu kami, terutama ada perluasan sehingga kapasitasnya bertambah dan bisa menampung umat yang datang sembayang,” katanya saat dihubungi Rabu (13/3).

Ia pun menyatakan sangat berterima kasih dengan adanya bantuan dan kepedulian dari BRI ini. “Kami tentunya bisa menjalani perayaan Hari Raya Nyepi tahun 2024 dengan lega dan gembira karena sebagian besar kebutuhan terbantu,” ungkapnya.

Baca juga:  CCEP Indonesia Gunakan Corporate Billing Management BRI

Diakuinya, dirinya sempat bertanya pada pihak BRI terkait pemberian bantuan ini. Saat itu, pihak BRI menyebutkan bahwa nasabah BRI di Desa Pesedahan cukup banyak. Selain itu, KUR yang disalurkan ke desa itu juga lancar pengembaliannya.

Dikutip dari keterangan tertulisnya, bantuan CSR yang diberikan untuk pembangunan Pura Pemastuan termasuk bagian dari program BRI Peduli. Program ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Pada 2022, BRI Peduli juga telah menyalurkan bantuan renovasi bagi beberapa pura lainnya di Provinsi Bali, antara lain, Pura Melanting di Desa Adat Bangsalas, Karangasem, bantuan renovasi bagi Pura Kawitan di Desa Adat Tajen, Tabanan, serta renovasi Pura Swagina Banjar Adat Pangkung Lubang, Desa Pergung, Jembrana.

Baca juga:  Perlu Skill Khusus, Perajin Endek di Bangli Cuma Satu

Terpisah, Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengungkapkan bahwa BRI secara konsisten menyalurkan bantuan kepada masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan dan kepedulian terhadap sesama. BRI melalui aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli menyalurkan bantuan berupa 1.000 paket sembako bagi bagi warga Desa Adat Pesedahan. Setiap paket sembako yang diberikan terdiri dari beras, minyak goreng, gula pasir, dan bahan pokok lain. “Secara khusus, pada momentum Hari Raya Nyepi ini, kami ingin mewujudkan kepedulian bagi masyarakat yang menjalankan Hari Raya Nyepi khususnya bagi masyarakat di Desa Adat Pesedahan, Bali. Semoga bantuan ini dapat membantu meringankan beban masyarakat dan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-sebaiknya,” harap Catur. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *