Personel Polsek Dentim melaksanakan pengamanan pawai ogoh-ogoh. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pelaksanaan pengerupukan hingga pelaksanaan Hari Suci Nyepi berlangsung aman. Tidak terjadi kejadian menonjol ataupun gesekan antar warga. Hal ini disampaikan Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan, Selasa (12/3).

Hal sama juga disampaikan Kapolsek Denpasar Timur (Dentim) Kompol Nyoman Darsana. “Astungkara aman. Nihil kejadian menonjol,” pungkasnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pihak kepolisian bersama pihak terkait dalam melakukan pengamanan fokus saat pawai ogoh-ogoh. Petugas berupaya tidak terjadi gesekan antar pengarak ogoh-ogoh.

Baca juga:  Ungkap Kasus Pedagang Tewas Bersimbah Darah, Polres Buleleng Libatkan Polda Bali

Seperti dilakukan Polsek Dentim mengerahkan seluruh personelnya untuk melaksanakan pengamanan pawai ogoh-ogoh. Apalagi antusiasme masyarakat terhadap pawai ogoh-ogoh ini sangat tinggi hingga memadati jalur-jalur yang dilalui pawai ogoh-ogoh tersebut.

Kompol Darsana bersama anggotanya merancang strategi yang matang untuk memastikan segala aktivitas pawai ogoh-ogoh berjalan aman dan tertib. Diawali dengan pelaksanaan apel kesiapan di masing-masing desa dan kelurahan. Seluruh personel diterjunkan dan diploting di titik-titik vital.

Baca juga:  Hari Ini, Komisi 8 DPR RI Kunjungi Pengungsi Gunung Agung

Dalam pengamanan ini Polsek Dentim juga didukung Polresta Denpasar dan Polda Bali, Minggu (10/3).

Melalui koordinasi yang baik dengan unsur pengamanan dari desa adat, kepolisian berupaya memberikan kontribusi positif dalam menciptakan keamanan dan ketertiban. Bhabinkamtibmas telah menyampaikan imbauan kepada Sekaa Teruna Teruni agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban saat pawai ogoh-ogoh berlangsung, serta tidak mengkonsumsi minuman keras yang berpotensi dapat menimbulkan gangguan kamtibmas.

Baca juga:  Pegawai Pemprov Bali Terpapar COVID-19 Harus Isolasi Terpusat, Agar Tak Beratkan APBD Konsumsi Ditanggung Sendiri

“Komitmen Polsek Dentim dalam menjaga keamanan dan kelancaran pawai ogoh-ogoh sebagai bagian tak terpisahkan dari perayaan Nyepi. Dengan mengerahkan seluruh personel, kami memberikan rasa aman dan ketertiban selama Pawai ini berlangsung. Kordinasi yang baik dengan pihak-pihak terkait, termasuk desa adat dan dukungan dari Polresta Denpasar serta Polda Bali menjadi pondasi kuat dalam pengamanan tersebut,” ungkap Kompol Darsana. (Keta Negara/balipost)

BAGIKAN