Berkat ide kreatif dan inovasinya menciptakan Cimint, Natural Lip Balm, sejumlah siswa siswi SD Cipta Dharma Denpasar berhasil meraih Silver Prize pada ajang Investor’s Day 2024 di Bangkok, Thailand dari 2 -6 Februari 2024. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kreativitas siswa siswi SD Cipta Dharma Denpasar ini patut diacungi jempol. Pasalnya, berkat ide kreatif dan inovasinya menciptakan Cimint, Natural Lip Balm, mereka berhasil meraih Silver Prize pada ajang Investor’s Day 2024 di Bangkok, Thailand dari 2 -6 Februari 2024.

Sejumlah siswa kelas 5 dan 6 SD Cipta Dharma Denpasar ini terdiri dari Advesta Mirahdhivya Priyaharsani, Luh Nyoman Wikania Putri Adidharma, I Made Juno Pangestu Wiraputra, Gede Satriya Putra Kusuma. Ditemui di Café Bross 57, Renon, pada Selasa (13/2) Mirah dan Wikania menuturkan, lip balm ini terbuat dari cinnamon (kayu manis) dan peppermint yang berfungsi melembabkan bibir, mencerahkan bibir, menghindari bibir pecah-pecah dan menangkal sinar matahari.

Peppermint memiliki aroma dan rasa yang sejuk maka dari itu ia menggunakan bahan-bahan tersebut. Sementara itu kayu manis mempunyai manfaat yang bagus untuk bibir kering dan mempunyai SPF di atas 15 sehingga risiko bibir kering semakin meningkat karena paparan matahari. “Cimint memiliki SPF di atas 15, lebih murah dari pasaran. SPF ini terbuat dari bahan-bahan alami sehingga harganya bisa lebih murah,” ungkapnya.

Baca juga:  Zona Merah Ini Masih Jadi Penyumbang Korban Jiwa Terbanyak

Mirah yang juga tengah sibuk mempersiapkan diri menuju jenjang pendidikan lebih tinggi, tak melewatkan kesempatan ketika kakaknya menginformasikan soal adanya kompetisi pada ajang Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation, and Technology Exposition (IPITEX). Tak memakan waktu lama, persiapan yang mereka lakukan berhasil membuat mereka mendapatkan Silver Prize pada ajang yang diikuti 25 negara itu.

Ide membuat lip balm ini terinspirasi dari wilayah tropis di Bali rentan membuat bibir kering dan pecah-pecah. Bahan-bahan yang kerap mereka temui, setelah ditelusur di mesin pencarian internet, mereka menemukan khasiatnya besar untuk melembabkan.

Baca juga:  D'Story Angkat Kisah Nyata Personilnya

Diakui pelajaran di sekolah tak banyak mengulas tentang bahan-bahan tersebut. Namun karena kreativitas dan rasa penasaran yang tinggi, Mirah, dkk mencari tahu sendiri tentang kandungan bahan-bahan pembuat lip balm.

Cimint natural lip balm terbuat dari kayu manis, peppermint, minyak kelapa, butter, bees dan bees wax. Siswa yang ikut ekstra tari di sekolah ini mencoba-coba agar produk yang diciptakan memiliki komposisi yang sempurna.

Setelah mencari dari berbagai sumber, akhirnya ditemukan bahwan cinnamon atau kayu manis memiliki kandungan SPF 21,15. Akhirnya kayu manis menjadi salah satu bahan unggulan.

Baca juga:  Denpasar Dilanda Bencana Pohon Tumbang

Satriya dan Juno menambahkan akan mengembangkan kemasan produk agar lebih menarik serta menciptakan varian aroma yang dapat menarik minat masyarakat untuk membeli. Aktif dalam berbagai kegiatan di sekolah maupun di luar sekolah menurut Satriya, dirinya dapat menambah pengalaman dan wawasannya. Ia mengaku senang dan bangga ikut dalam kompetisi bergengsi ini, apalagi dapat mengharumkan nama Indonesia.

Ke depan, ia bersama teman-teman akan terus membagikan virus-virus positif untuk lingkungannya agar setiap anak memiliki mindset untuk terus maju. Dukungan pihak sekolah serta orang tua yang sangat besar menurutnya sangat membantunya dalam meraih cita-cita, sehingga segala masukan dan saran selalu diterima dengan baik. (Adv/balipost)

BAGIKAN