SINGARAJA, BALIPOST.com – Serangkaian kegiatan Dies Natalis ke-31, Universitas Pendidikan Ganesha atau Undiksha Singaraja berhasil mencatatkan rekor dunia. Rekor dunia yang dibuat kali ini, dengan mementaskan 1.131 penari joged harmoni. Ribuan penari ini pentas di Lapangan Kampus Tengah, pada Rabu (10/1).

Wakil Direktur Utama Muri, Osmar Semesta Susilo, yang hadir di lokasi acara, menyatakan bahwa rekor ini merupakan Rekor Dunia dikarenakan tidak ada di belahan dunia manapun menari joged harmoni seperti ini.

Baca juga:  PPDM Undiksha Dampingi Petani Bawang Merah di Desa Trunyan

Sementara itu, Rektor Undiksha Singaraja, Profesor l Wayan Lasmawan menyatakan pementasan tarian Joged bumbung harmoni juga sebagai upaya Undiksha untuk melestarikan kesenian joged bumbung yang telah dipersiapkan selama dua bulan. Ia berharap pementasan tersebut dapat mengembalikan citra tarian tradisional Bali itu.

Menurut Lasmawan, Tari Joged Bumbung tergolong tarian pergaulan dan berfungsi untuk mempererat hubungan antar sesama. Ia pun mengatakan selama ini ada sesuatu yang kurang pas pada tari joged di masyarakat, sehingga diluruskan.

Baca juga:  Diduga, Pensiunan Polisi Dibunuh Usai Transaksi Mobil

Ribuan Penari Joged ini tidak hanya ditarikan oleh mahasiswa asal Bali semata. Bahkan beberapa penari berasal dari luar Bali.

Salah satunya, Anita Matanem. Mahasiswi asal Papua Barat itu sempat ragu ketika pertama kali berlatih tari Bali. Dengan latihan yang cukup, pihak nya bersama rekan lainnya bisa menguasai tarian khas Bali itu. (Nyoman Yudha/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *