Suasana di Graha Yowana Suci yang sudah "soft launching" pada awal Januari 2024. (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Setelah dilaksanakan soft opening beberapa waktu lalu, Graha Yowana Suci Kota Denpasar kini siap merekut tenant yang akan mengisi wadah kreasi, ruang tumbuh dan daya saing industri kreatif Denpasar ini. Tahapan kurasi yang diawali dengan pendaftaran ini akan dimulai pada 5 – 15 Januari 2024.

Direktur Utama Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar, Ida Bagus Kompyang Wiranata didampingi Kabid Ekonomi Kreatif Dispar Kota Denpasar, I Wayan Hendaryana saat dijumpai Selasa (9/1) menjelaskan segmentasi pasar Graha Yowana Suci lebih mengarah pada remaja, dewasa muda, dan dewasa. Ia mengundang seluruh pelaku ekonomi kreatif di Kota Denpasar untuk bergabung mengisi tenant yang ada.

Baca juga:  Mahasiswa dan Pemuda Bali Serukan Tolak Pelanggar HAM dan Pendobrak Konstitusi

Meski demikian, proses pengisian tenant akan melalui berbagai tahapan kurasi sebelum ditetapkan. Dikatakanya, seluruh usaha lokal yang meliputi bidang craft, kuliner, fashion, hobi, lifestyle, dan usaha lainnya yang masuk dalam subsektor ekonomi kreatif dan atau dengan kepemudaan dapat mengikuti kurasi.

Selain usaha, kegiatan (event) yang berkaitan dengan kegiatan kreatif ataupun produk turunannya juga dapat mengisi ruang pada Graha Yowana Suci ini. Secara umum seluruh pelaku usaha wajib memliki Team Bisnis Kompeten, Legalitas usaha (NIB), Proposal bisnis meliputi Profile usaha (Narasi, Branding dan Sosmed) Profile team dan penanggung jawab usaha, Konsep produk/Jasa, Menu, Harga, Rencana pemasaran dan Proyeksi penjualan serta Sertifikasi kompetensi jika memiliki.

Baca juga:  Ritual Homa Yadnya Bali Kuno Digelar

“Sebagai ruang niaga dan wadah ekonomi kreatif, kami mengundang seluruh usaha lokal yang memenuhi persyaratan untuk ikut bergabung dan mengikuti kurasi sehingga bisa berproses dan bertumbuh bersama Graha Yowana Suci Kota Denpasar,” ujarnya

Gus Kompyang menjelaskan, nantinya pada tahapan kurasi, beberapa hal menjadi pertimbangan. Seperti, narasi usaha dan penanggung jawab usaha, Potensi dan proyeksi usaha, kesesuaian segmentasi pasar, sosial media serta dukungan komunitas, program dan event.

Baca juga:  JPU Banding, Simpatisan Jerinx Luapkan Kekecewaan Sebut Jaksa Tak Tahu Malu

Adapun tahapan yang akan dilaksanakan dimulai dari pendaftaran atau registrasi peserta pada 5 – 15 Januari 2024, Kurasi tahap I pada 16- 20 Januari 2024, Wawancara tenant kurasi II pada 24- 28 Januari 2024 dan Pengumuman Tenant akan dilaksanakan pada awal bulan Februari.

“Kami membuka ruang seluas-luasnya bagi UMKM dan usaha lokal Denpasar untuk mengikuti kurasi, sehingga kedepannya kehadiran Graha Yowana Suci ini mampu memberikan kemanfaatan dalam mendukung pertumbuhan UMKM di Kota Denpasar,” ujarnya. (Asmara Putera/balipost)

BAGIKAN