Sejumlah kendaraan antri di Pelabuhan Gilimanuk menunggu giliran masuk ke kapal untuk menyeberang ke Ketapang, Banyuwangi. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Arus balik libur Natal dan Tahun Baru 2024 dari Bali menuju Pulau Jawa mengalami puncaknya pada Senin (1/1) dan Selasa (2/1). Sejak Senin pagi, trafik kendaraan yang kembali ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Gilimanuk terpantau ramai.

Data Posko Gilimanuk 24 jam pada H+7 realisasi total penumpang mencapai 43.836 orang atau naik 20 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 36.561 orang. Lalu, total seluruh kendaraan tercatat 9.006 unit yang telah menyeberang dari Bali ke Jawa pada H+7 atau naik 24 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 7.281 unit.

Baca juga:  Penuhi Janji, Bupati Tamba Bangun Sumur Bor di Tukadaya

Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Bali ke Jawa mulai dari H-7 hingga H+7 tercatat 428.779 orang atau naik 21 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 355.127 orang. Dan untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 110.238 unit atau naik 26 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 87.479 unit.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin melalui siaran persnya mengatakan sesuai prediksi dan antisipasi yang dilakukan manajemen, puncak arus balik di Pelabuhan Gilimanuk berlangsung sejak Senin siang hingga Selasa dini hari. Terpantau kendaraan kecil dan bus yang bergerak dari Bali menuju Jawa mulai memadati area pelabuhan, sehingga sempat terjadi antrian.

Baca juga:  Resmi! Olimpiade Tokyo Dibatalkan

Baca selengkapnya di media partner DENPOST.id

BAGIKAN