Kapolda Bali Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra memimpin rapat kesiapan pengamanan perayaan tahun baru 2024. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Polda Bali menggelar rapat kesiapan pengamanan perayaan tahun baru 2024 di di Gedung Rupatama, Denpasar, Jumat (29/12). Rapat dipimpin Kapolda Bali Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, S.I.K., M.Si. tersebut mambahas teknis dan jumlah personel yang akan dikerahkan. Polda bersama jajarannya mengerahkan kekuatan penuh supaya perayaan tahun baru berlangsung aman dan lancar.

Dalam pertemuan itu, Kapolda Putra mengatakan fokus pengamanan di tempat-tempat yang menjadi tujuan wisata khususnya pada saat malam Tahun Baru 2024. Ada dua titik kawasan kumpul wisatawan maupun masyarakat yang menjadi fokus perhatian, yaitu di Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan Pantai Kuta.

Pasalnya di GWK ada event GWK Countdown Tahun 2024. Sedangkan Pantai Kuta ada event yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Badung.

Baca juga:  Senin, Kabinet Kerja II akan Diumumkan

Terkait pengamanan tersebut, Polda Bali dan polres jajaran akan mengerahkan ribuan personel yang tergabung dalam Operasi Lilin Agung, Operasi Mantap Brata dan personel yang tersprin untuk penembalan. Untuk wilayah Polresta Denpasar dan Polres Badung akan di-back up Polda Bali.

Polresta Denpasar mengerahkan 688 personel dan di-back up Polda Bali sebanyak 361 personel. Jumlah seluruhnya 1.049 personel akan melaksanakan pengamanan di beberapa titik diantaranya Ground Zero dan Pantai Kuta. Untuk di Ground Zero akan ditugaskan 45 personel, sedangkan di Pantai Kuta 121 personel dibantu 50 orang Polda Bali. Di Pasar Seni Kuta ditempatkan 75 personel dan sisanya disebar ke seluruh titik keramaian di wilayah Polresta Denpasar.

Sedangkan untuk pengamanan event GWK Countdown 2024 dikerahkan 200 personel, rinciannya 133 personel Polda Bali, 10 personel Polresta Denpasar dan 57 personel yang terlibat Operasi Manta Brata Agung. “Pola pengamanan GWK Bali Countdown 2024 dilaksanakan dengan sistem terbuka dan tertutup. Teknisnya diterapkan pola ring 1, 2 dan 3. Untuk ring 1 area inti kegiatan, ring 2 akses masuk atau gate dan area luar lokasi GWK Bali Countdown 2024 serta terakhir ring 3 pengamanan jalur menuju GWK,” ujarnya.

Baca juga:  Tambahan Puluhan Kasus COVID-19 Baru dari Kabupaten Luar Bali, Imbas "Work from Bali"?

Tidak hanya itu, Polda Bali juga akan melakukan penambahan personel dalam pengamanan malam tahun baru 2024 sebanyak 171 personel. Anggota tersebut ditempatkan di empat titik pusat keramaian seperti di Patung Catur Muka, Lapangan Bajra Sandhi, dan Taman Kota Lumintang.

Sesuai permintaan dari Polresta Denpasar akan di-back up 20 personel Rainmas Ditsamapta Polda Bali, 14 anggota Antianarkis Satbrimob dan 88 personel penembalan. Disamping itu diperbantukan 15 personel Bintara Remaja Polres Bangli, 15 Bintara Remaja Polres Klungkung dan 20 Bintara Remaja Polres Buleleng.

Baca juga:  Arus Balik, Polisi Pantau Lokasi Rawan Macet

Sedangkan Polres Badung akan di-back up 25 personel Bintara Remaja Polres Karangasem, 30 personel Ditlantas Polda Bali dan 1 regu Gegana Satbrimob. Untuk power on hand disiapkan 54 personel PHH Satbrimob dan 30 Dalmas Ditsamapta Polda Bali.

Kabid Humas Polda Bali KBP, Jansen Avitus Panjaitan menyampaikan sebelum melaksanakan pengamanan malam Tahun Baru 2024 akan dilaksanakan apel kesiapan dan pengecekan. Apel tersebut akan dibagi di tiga lokasi, yaitu di halaman Mapolda Bali, Central Parkir Kuta dan GWK. “Pengamanan GWK Bali Countdown 2024 dipimpin oleh Kapam Dansat Brimob Polda Bali KBP Firdaus Wulandto,” tutupnya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *