AMLAPURA, BALIPOST.com – Badan Pengelola Kawasan Pura Agung Besakih berkolaborasi dengan Desa Dinas dan Desa Adat Besakih melaksanakan kegiatan yang bertajuk Besakih Festival Tahun 2023. Kegiatan yang dibuka langsung Bupati Karangasem, I Gede Dana itu sebagai sarana untuk mulat sarira dan meningkatkan pelayanan di Kawasan Suci Pura Agung Besakih.

Kepala Badan Pengelola, I Gusti Lanang Muliarta menjelaskan, digelarnya Besakih Festival ini memiliki dua tujuan, yakni internal dan eksternal. Kalau untuk internalnya adalah konsolidasi antara desa adat, desa dinas, dan badan pengelola sendiri. Dan untuk eksternal mulai menggandeng pihak ketiga.

Baca juga:  Lagi, Gunung Agung Meletus Freatik

Ketua Panitia, I Wayan Mastra mengatakan, kegiatan kali pertama ini secara utuh mencakup kegiatan pengembangan dan pelestarian seni budaya, aktivitas sosial, edukasi, dan spiritual serta pengembangan UMKM lokal. Kegiatan Besakih Festival 2023 memuat berbagai lomba yang berkaitan erat dalam pengembangan adat dan seni budaya. Pola pelaksanaan kegiatan melalui kolaborasi antar seluruh pihak terkait.

Sementara itu, Bupati Karangasem, I Gede Dana menambahkan kegiatan Besakih Festival sebagai upaya kreatif dalam rangka pelestarian seni budaya dan promosi pariwisata. Pihaknya dari Pemerintah Kabupaten sangat mengapresiasi dan mendukung serta berharap Besakih Festival dapat berkesinambungan. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Desa Adat Bona Rehab Pura Desa

Simak selengkapnya di video

BAGIKAN