Nasi Langgi. (BP/may)

DENPASAR, BALIPOST.com – Nasi Langgi merupakan makanan khas Solo. Bahkan, masakan ini merupakan kegemaran keluarga kerajaan.

Menikmati Nasi Langgi tak perlu jauh-jauh ke Solo karena di Denpasar pun kini telah ada restoran yang menyajikannya sebagai signature dish. Bahkan di Bali, Nasi Langgi menjadi yang paling diminati wisatawan asing saat ingin mencicipi kuliner khas Nusantara, khususnya Jawa.

“Dalam satu porsi berisi beragam lauk, diantaranya, ayam goreng atau bisa pilihan lainnya yaitu empal, serundeng, perkedel, sambal kentang, telur dadar, dan abon. Sedangkan nasinya bisa dipilih nasi kuning atau nasi uduk atau nasi putih,” ujar Dwi Rahayu yang merupakan pengusaha kuliner khas Solo, Kamis (21/12).

Baca juga:  Rekannya Divonis Bebas, Terpidana Korupsi PNPM Ajukan PK

Nasi langgi merupakan makanan khas dari Kota Solo, Jawa Tengah. Meskipun makanan ini belum banyak dikenal oleh masyarakat luas, makanan ini menjadi hidangan spesial orang-orang keraton. Biasanya disajikan untuk menjamu tamu spesial yang berkunjung ke Keraton Solo.

Ia mengatakan Nasi Langgi itu menjadi salah satu menu yang sangat diminati. Selain Nasi Langgi, menu khas yang diminati wisatawan asing di restoran yang mengusung nama Dapur Solo itu, yakni Selat Solo, Tengkleng, Sup Iga, Sup Buntut, dan Tongseng.

Baca juga:  Selama Wabah COVID-19, Ini Temuan Polresta di Lapangan

Karena tingginya minat wisman dalam menikmati kuliner Solo, ia mengaku menjadikan Bali sebagai lokasi usahanya yang sebelumnya sudah ada di sejumlah kota besar di Indonesia. “Kita menyasar Pulau Bali supaya salah satunya dapat memperkenalkan masakan Indonesia khususnya makanan Jawa dan Solo ke turis mancanegara maupun lokal,” sebut perempuan yang menjabat sebagai General Marketing Manager Eatwell Culinary Indonesia itu. (Citta Maya/balipost)

Baca juga:  Warga Australia Diadili Kasus Narkoba
BAGIKAN