MANGUPURA, BALIPOST.com – Badan Pusat Statistik Kabupaten Badung mencatat, jumlah petani gurem di Gumi Keris mencapai 19.146 orang. Angka ini cukup besar mengingat jumlah Rumah Tangga Usaha Pertanian mencapai 24.174 rumah tangga.

Kepala BPS Kabupaten Badung, Septiana Tri Setiowati mengatakan, jumlah petani gurem paling banyak berada di Kecamatan Mengwi yakni sebanyak 6.926 orang. Disusul 6.494 orang di Abiansemal, dan di Petang sebanyak 3.534 orang.

Baca juga:  Karena Ini, Kapolres Badung Dikunjungi Kepala BPS

Petani gurem adalah yang kepemilikan atau penguasaan lahannya kurang dari 0,5 hektar. Di Kabupaten Badung, 77 persen dari petani pengguna lahan adalah petani gurem, sehingga petani pengguna lahan di atas 0,5 hektar ada 23 persen.

Angka tersebut dinilai cukup besar, karena Badung secara sektor ekonomi bertumpu pada jasa-jasa, khususnya di sektor pariwisata. Sementara, jika dilihat dari persentase petani gurem terhadap petani pengguna lahan, maka Kecamatan Kuta Selatan memiliki persentase tertinggi yakni sebesar 97,58 persen. Hal ini menggambarkan bahwa sebagian besar petani pengguna lahan di Kecamatan Kuta Selatan adalah petani gurem. (Parwata/balipost)

Baca juga:  Satgas Pangan dan TPID Badung Cek Stok Minyak Goreng Curah

Simak selengkapnya di video

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *