Petugas melakukan evakuasi korban lakalantas di Nongan, Karangasem. (BP/Dokumen)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Korban tewas lakalantas di Kabupaten Karangasem pada 2023 meningkat tajam. Hingga saat ini jumlah lakalantas sebanyak 500 kasus lebih.

Kasatlantas Polres Karangasem AKP I Komang Sapta Pramana dikonfirmasi Selasa (28/11) mengungkapkan, jumlah lakalantas tahun ini memang meningkat signifikan dibandingkan tahun lalu. Pada 2022, dalam setahun jumlah lakalantas sebanyak 177 kasus. Sedangkan di tahun 2023 yang baru terhitung 10 bulan sudah ada 538 kasus.

Baca juga:  Pemkab akan Kaji Infrastruktur Jalan Bukit Pecatu

“Jika dihitung sejak awal tahun, korban meninggal dunia karena lakalantas ada sebanyak 36 orang. Jumlah ini lebih sedikit jika dibandingkan dengan total keseluruhan di tahun 2022 yang jumlah korban meninggal sebanyak 43 orang. Bahkan, khusus November saja kasus lakalantas merenggut 10 nyawa,” ujarnya.

Sapta Pramana, mengatakan, meningkatnya kasus lakalantas di Karangasem lantaran seluruh peristiwa tersebut dibuatkan laporan polisi. Karena untuk klaim BPJS harus ada laporan dari polisi.

Baca juga:  Truk Terguling, Dua Orang Luka-Luka

“Untuk mencegah lakalantas, kita telah melakukan penjagaan di jalan dan menyambangi sekolah-sekolah memberikan edukasi kepada anak-anak. Pagi sampai sore ada petugas berjaga,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN