Pura Jagatnatha Denpasar. (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Setelah pemugaran Pura Agung Jagatnatha Denpasar rampung, Kamis (26/10) ini diplaspas. Selain pamelaspasan, juga akan digelar prosesi mecaru.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Rabu ( 25 /10)
“Kesiapan untuk pamelaspasan sudah siap tanggal 26 ini, disertai juga dengan pacaruan,” kata Arya Wibawa. Dalam upacara ini, semua prajuru desa adat di Denpasar akan dilibatkan.

Upacara ini telah direncanakan sejak awal renovasi berlangsung. Pura Jagatnatha Denpasar kini terlihat semakin megah. Candi bentar dan tembok panyengker yang mengelilinginya dibuat dengan bata merah. Selain itu bangunan di dalam pura, juga sudah bersolek dan hanya bangunan Padmasana yang dipertahankan seperti aslinya.

Baca juga:  Susilo Mabuk Saat Kencani Bencong

Untuk proyek ini, akan ada masa pemeliharaan selama setahun. “Karena ada masa pemeliharaan secara setahun, pekerjaan yang tersisa akan diselesaikan pada saat itu,” katanya.

Pihaknya merancang kekuatan Pura Jagatnatha ini hingga 100 tahun ke depan. “Kami rancang bertahan sampai 100 tahun, karena di pinggir jalan besar makanya tembok menggunakan baja besar agar kekuatannya lama. Kami memang atensi khusus ini,” katanya.

Untuk perbaikan Pura Jagatnatha ini sudah dimulai sejak Maret 2023 lalu dengan prosesi ngeruak pada 24 Maret 2023.

Baca juga:  Jamaah Shalat Ied Meluber di Masjid Sudirman

Kepala Dinas Perkim Kota Denpasar, Gede Cipta Sudewa mengatakan, dari semua pelaksanaan perbaikan tersebut, bangunan Padmasana dibiarkan utuh seperti semula karena memiliki nilai historis.

Selain itu, bale pawaregan dan perpustakaan juga tak diperbaiki. Sementara bangunan lainnya semua dipugar dan diperbaiki total.

“Untuk bangunan mayor kami menggunakan bata merah Tulikup yang kelas satu. Merah sebagai lambang Bhatara Brahma. Sementara ornamen menggunakan gaya khas bebadungan,” kata Cipta.

Selain itu, areal depan Pura Jagatnatha yang selama ini digunakan parkir juga ditinggikan dan parkir digeser ke depan Museum Bali.

Selain perbaikan bangunan yang ada, ada juga penambahan bale pesantian dan bale pawedaan diperlebar dengan konsep Tri Sadakha sehingga bisa tiga sulinggih sekaligus.

Baca juga:  Koordinator PNPM-MD Subuk Diadili Kasus Korupsi

Adapun pelaksana pembangunan yakni PT Adik Abang Qanita Pratama dan KSO PT Karya Dinamis Mesari.

Sedangkan konsultan perencana PT Kencana Adhi Karma dan Konsultan Pengawas CV Tataring Bali.

Nilai kontrak perbaikan tersebut sebesar Rp 12,3 miliar dengan pagu anggaran Rp 15,4 miliar. Cipta menambahkan, untuk pengerjaan proyek Pura Jagatnatha ini dilaksanakan selama dua tahun anggaran.

Untuk anggaran induk dilakukan perbaikan pada bangunan, dan pada anggaran perubahan akan ada lagi penataan halaman pura. (Asmara putera/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *