Tangkapan layar Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika meresmikan Bandara Mentawai di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pada Rabu (25/10/2023). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Pembukaan Bandara Mentawai di Pulau Sipora, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, bisa menarik kunjungan wisatawan.

Melalui pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan pemerintah, bandara yang semula hanya bisa didarati pesawat terbang model Cessna itu kini telah memiliki landasan pacu sepanjang 1.500 meter dan lebar 30 meter, sehingga mampu melayani penumpang pesawat ATR 72-600 dengan kapasitas 78 orang.

“Kita harapkan dengan bisa turunnya pesawat ATR maka turis akan semakin banyak ke Kepulauan Mentawai, terutama yang senang surfing (berselancar),” kata Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ketika meresmikan Bandara Mentawai, seperti dikutip dari kantor berita Antara, Rabu (25/10).

Selain itu, beroperasinya salah satu bandara di wilayah terluar Indonesia itu juga diharapkan bisa mempermudah mobilitas masyarakat. “Potensi wisata di Kepulauan Mentawai juga bisa dikembangkan lebih baik lagi. Kita harapkan wisata surfing akan semakin berkembang, dan juga mungkin pesawat-pesawat dari luar negeri yang berkaitan dengan surfing juga bisa langsung mendarat, baik di Padang maupun Mentawai,” tutur Presiden.

Baca juga:  Tambahan Korban Jiwa COVID-19 Nasional Makin Landai, Hanya 1 Digit

“Saya yakin dengan semakin terbukanya akses suatu daerah maka konektivitas semakin baik, masyarakat akan mendapat multiplier effect yang besar dan kesempatan mengembangkan usaha baru. Ini kita harapkan meningkatkan kesejahteraan kita semua,” ujar dia.

Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Barat (Sumbar) pada Rabu. Presiden dan rombongan tiba di Bandara Internasional Minangkabau, Kabupaten Padang Pariaman, sekitar pukul 12.11 WIB.

Di bandara tersebut, Presiden Jokowi disambut oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Ketua DPRD Sumbar Supardi, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan Hasibuan, dan Kapolda Sumbar Irjen Pol. Suharyono.

Baca juga:  Pemuda Indonesia Harus Kreatif dan Inovatif

Presiden kemudian berganti pesawat untuk kemudian lepas landas menuju Bandara Mentawai di Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk meresmikan bandara baru tersebut.

Selanjutnya, Presiden Jokowi diagendakan untuk mengunjungi Pasar Ibu di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Presiden akan menyerahkan sejumlah bantuan sosial kepada para pedagang.

Selepas itu, Presiden Jokowi akan kembali ke Bandara Internasional Minangkabau melalui Bandara Mentawai. Setelah mendarat, Kepala Negara akan menuju SMK Negeri 5 Kota Padang untuk meninjau fasilitas dan kegiatan belajar mengajar.

Baca juga:  Praktik Jual Beli TKI Online, Singapura Diminta Tegas

Kepala Negara kemudian akan menuju Gudang Bulog Rawang Timur, Kota Padang, untuk meninjau persediaan beras. Selain itu, Kepala Negara juga akan menyerahkan langsung bantuan pangan cadangan beras pemerintah kepada masyarakat penerima manfaat.

Selesai acara tersebut, Presiden Jokowi akan lepas landas menuju Sumatera Selatan dan bermalam di sana. Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Provinsi Sumatera Barat yaitu Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay, serta Plh. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M Yusuf Permana. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *