PJ perbekel- Penjabat Bupati Gianyar menyerahkan SK Pemberhentian Perbekel serta mengangkat 3 Penjabat Perbekel. (BP/Wir)

GIANYAR, BALIPOST.com – Tiga perbekel di Kabupaten Gianyar menerima SK Pemberhentian, Selasa (24/10). Ketiga perbekel tersebut diiantaranya, Perbekel Manukaya, Dewa Putu Kencana, Perbekel Tampaksiring I Made Widana, serta Perbekel Desa Sayan I Made Andika. Ketiganya, mengundurkan diri karena menjadi Caleg di Pemilu 2024.

Penjabat Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa di sela menyerahkan SK Pemberhentian Perbekel serta mengangkat tiga Penjabat Perbekel, di Ruang Sidang Kantor Bupati Gianyar mengatakan, telah menerima surat pengunduran diri tiga perbekel yang disampaikan secara tertulis dengan alasan mencalonkan diri sebagai calon Anggota DPRD Kabupaten Gianyar pada pemilu tahun 2024.

Menindaklanjuti surat pengunduran diri perbekel tersebut, Tagel Wirasa mengungkapkan telah mengangkat tiga Pj Perbekel. Langkah ini dilakukan karena tiga perbekel sebelumnya mengundurkan diri dari jabatan perbekel karena akan maju dalam kontestasi politik Tahun 2024 sebagai calon legislatif Kabupaten Gianyar.

Baca juga:  Rochineng Bersiap Nyaleg

“Tiga penjabat perbekel tersebut merupakan Pj. Perbekel Tampaksiring, Pj. Perbekel Manukaya dan Pj. Perbekel Sayan,” ucapnya.

Lebih lanjut Tagel Wirasa menjelaskan walaupun secara periodesasi jabatan ketiga perbekel tersebut belum berakhir, namun sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku pemberhentian perbekel dan pengangkatan penjabat perbekel adalah kewenangan Kepala Daerah, dan untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut perlu diangkat penjabat perbekel yang berasal dari ASN.

Baca juga:  Persekaba Tak Tahu Noldi Pernah Main di Pesibas

Pj. Perbekel yang dilantik merupakan putra daerah dari desa bersangkutan, seperti I Kadek Sukariada asal Banjar Manukaya Let, yang juga menjabat Kasi Pemerintahan di Kecamatan Tampaksiring ditunjuk sebagai Pj Perbekel Manukaya.

Pj Perbekel Tampaksiring diisi oleh Ida Bagus Putu Budi asal Banjar Geria yang juga staf sosial di Kantor Camat Tampaksiring dan Pj Perbekel Sayan dijabat oleh I Ketut Gede Kesumawijaya asal Banjar Penestanan Kaja yang juga Pejabat Fungsional pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

Tak lupa, Tagel Wirasa juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi para perbekel yang telah mengabdikan dirinya demi kepentingan desa. “Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada Perbekel Desa Tampaksiring, Perbekel Desa Sayan dan Perbekel Desa Manukaya, yang telah mampu melaksanakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, dan telah berhasil mewujudkan desa yang berkembang, maju dan mandiri,” jelasnya.

Baca juga:  Sistem Salah Kirim SMS "Blast" Peringatan Dini Tsunami, Ini Penjelasan BMKG

Wirasa menekankan Penjabat Perbekel harus mampu melaksanakan tugas secara profesional, terencana, terukur, terpadu dengan penuh inovasi yang nantinya mampu menumbuhkembangkan serta memberdayakan segenap potensi yang ada, baik potensi alam maupun potensi sumber daya manusia yang dimiliki oleh masyarakat desa. Ini agar dapat digerakkan guna mendorong pelaksanaan pembangunan desa yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. (Wirnaya/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *