Presiden Joko Widodo. (BP/Dokumen Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Presiden Joko Widodo menyatakan akan merombak (reshuffle) Kabinet Indonesia Maju (KIM). Hal ini terkait dengan mundurnya Syahrul Yasin Limpo sebagai menteri pertanian.

Jokowi rencananya melakukan pelantikan menteri pertanian definitif menggantikan Syahrul Yasin Limpo. “Mungkin minggu ini,” kata Jokowi setelah menghadiri seminar ekonomi di Jakarta, Selasa (24/10) dikutip dari Kantor Berita Antara.

Ditanya terkait pos kementerian mana saja yang akan dirombak, Jokowi hanya mengatakan posisi menteri pertanian. Setelah Syahrul Yasin Limpo mengundurkan diri, jabatan menteri pertanian kemudian dijabat oleh Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi selaku pelaksana tugas (plt).

Baca juga:  Jadi Destinasi Wisata Crossborder, Talaud Jadikan Pulau Sara Ikon Bahari

Jokowi menambahkan pihaknya masih mempersiapkan perombakan kabinet tersebut, sehingga dia belum bisa memastikan kapan tepatnya perombakan itu terlaksana.

“Masih disiapkan,” imbuhnya.

Ketika ditanya awak media apakah menteri pertanian baru akan berasal dari Partai Demokrat, Jokowi tidak memberikan pernyataan. Dia hanya menganggukkan kepalanya sembari berlalu meninggalkan kerumunan wartawan.

Syahrul Yasin Limpo mengundurkan diri pada tanggal 5 Oktober 2023 karena terjerat kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian. Jokowi kemudian Arief Prasetyo Adi di tengah tantangan cuaca El Nino yang menyebabkan kekeringan dan menurunkan produksi padi. (kmb/balipost)

Baca juga:  Enam Hari Terbakar, Asap dari TPA Suwung Cemari Denpasar dan Badung
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *