Suasana di Bandara Internasional Bandara Ngurah Rai, Badung. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, melayani 15.826.321 penumpang hingga Triwulan III Tahun 2023. Adapun recovery rate jumlah penumpang tersebut mencapai 89 persen jika dibandingkan dengan jumlah penumpang pada Triwulan III Tahun 2019 yang mencapai 17.844.690 penumpang.

Dari kinerja hingga September tersebut, tercatat jumlah penumpang bulanan tertinggi adalah Bulan Juli yakni sejumlah 2.143.643 penumpang. General Manager Bandara Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan, mengatakan bahwa peningkatan tersebut didorong oleh pulihnya sektor pariwisata di Pulau Bali.

Baca juga:  Penertiban Layangan di Area Bandara, Ini Hasilnya

Indikatornya adalah peningkatan jumlah penumpang harian. “Triwulan III tahun lalu rata-rata kami melayani sejumlah 30 ribu penumpang per hari, sementara di periode yang sama tahun ini ada sejumlah 58 ribu penumpang per hari yang melintas di Bandara I Gusti Ngurah Rai,” katanya.

Untuk penerbangan internasional, hampir seluruh maskapai telah beroperasi kembali di Bandara Ngurah Rai pasca pandemi. Sedangkan, untuk maskapai dan rute domestik sudah beroperasi 100 persen.

Baca juga:  Gubernur Koster Atensi Khusus Nusa Penida

“Saat ini Bandara Gusti Ngurah Rai melayani 30 rute internasional dengan 36 maskapai dan 19 rute domestik dengan 13 maskapai,” ujarnya.

Handy menjelaskan, jumlah penumpang internasional di Bandara Ngurah Rai saat ini lebih dominan dibandingkan dengan jumlah penumpang domestik. Secara nature-nya memang jumlah penumpang penerbangan internasional di Bandara Ngurah Rai lebih tinggi daripada jumlah penumpang domestik. “Hingga Triwulan III tahun 2023, komposisi jumlah penumpang terdiri dari 54 persen penumpang internasional atau sebanyak 8.562.048 penumpang dan 46 persen penumpang domestik atau sebanyak 7.264.273 penumpang,” jelasnya. (Parwata/balipost)

Baca juga:  Jalan-jalan di Pantai Kuta, Jokowi Pastikan Bali Aman 
BAGIKAN