Ilustrasi. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Selama kuartal III 2023, Fesyen, Otomotif, Elektronik, Rumah Tangga dan Kebutuhan Sehari-hari atau Groceries (seperti Makanan dan Minuman, Kesehatan serta Perawatan Tubuh) menjadi beberapa kategori produk yang paling laris di Tokopedia.

Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, menyampaikan, memasuki momen menjelang akhir tahun, Tokopedia terus berupaya membantu lebih dari 14 juta penjual di Tokopedia, termasuk UMKM lokal, agar bisa makin memaksimalkan peluang usaha. Misalnya, dengan menggencarkan inisiatif Hyperlocal berteknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada, agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia dapat memperluas pasar dan meraja di negeri sendiri.”

“Salah satu contoh manifestasi Hyperlocal adalah Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. Ada pula Dilayani Tokopedia, layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi,” jelas Rizky.

Tokopedia juga terus memberi pendampingan bisnis online bagi UMKM lokal. Contohnya, lewat Pusat Edukasi Seller yang dapat diakses UMKM secara gratis untuk mendapatkan banyak materi tentang pengembangan usaha. “Tokopedia bersama pemerintah daerah juga rutin mengadakan Kelas Maju Digital untuk UMKM lokal di Jabodetabek, Medan, Bandung, Solo, Surabaya, Semarang, Denpasar dan masih banyak lagi. Kolaborasi dari seluruh pihak sangat dibutuhkan untuk makin mengoptimalkan daya saing dan peran UMKM pada perekonomian nasional,” tambah Rizky.

Untuk tren produk yang paling dicari di Tokopedia, diungkap sejumlah wilayah sepanjang kuartal III 2023 dibandingkan kuartal III 2022, yang dapat menjadi referensi UMKM untuk berjualan online jelang akhir tahun. Berikut datanya di 5 pulau, termasuk Bali :

Baca juga:  Luh Putu Satya Putri Mariantini Bandem, Perenang Klungkung Wakili Indonesia ke Filipina

1. Pulau Sumatera: Sepatu Tenis hingga Mainan Anak

Belakangan ini, olahraga tenis kian digemari banyak masyarakat. “Tokopedia mencatat di wilayah Sumatra Utara, jumlah pencarian terhadap produk sepatu tenis naik hampir 1,5 kali lipat. UMKM pemula bisa memanfaatkan tren olahraga ini sebagai ide jualan online,” jelas Rizky.

Sementara di Sumatera Barat, produk sembako seperti sayuran beku mengalami kenaikan jumlah pencarian di Tokopedia hingga lebih dari 2 kali lipat. Sementara di daerah Sumatra Selatan, Tokopedia mencatat jumlah pencarian terhadap produk mainan dan hobi yang sering dimainkan anak-anak, seperti bola bekel, melonjak lebih dari 3 kali lipat.

“Untuk membantu pelaku usaha mendapatkan panggung lebih luas dalam menjual produk yang berkaitan dengan mainan dan hobi, Tokopedia memiliki kampanye Tokopedia Funstation,” tambah Rizky.

2. Pulau Jawa: Kebaya Pengantin hingga Motor Listrik

Jumlah pencarian terhadap kebaya pengantin di Tokopedia, khususnya di Jawa Barat, naik hampir 3 kali lipat. “Penjual bisa memakai fitur Bundling Product untuk menggabungkan beberapa produk dalam satu paket jualan dengan harga lebih terjangkau. Misalnya, gabungkan kebaya pengantin dengan bawahan yang serasi,” saran Rizky.

Bahkan, pencarian untuk apple vinegar atau cuka apel mengalami kenaikan hingga 3 kali lipat di Tokopedia, khususnya di Jawa Tengah. Cuka apel dikenal memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan, mulai dari mengatur kadar gula darah hingga mengurangi kadar asam urat.

“Selain produk fesyen serta makanan dan minuman, kendaraan listrik seperti mobil dan motor yang berteknologi ramah lingkungan makin menarik perhatian masyarakat belakangan ini. Hal ini terbukti dari jumlah pencarian terhadap motor listrik di Tokopedia, khususnya di Jawa Timur, naik hampir 68 kali lipat,” ungkap Rizky.

Baca juga:  Resesi Global Mengancam, Dirut BRI Tegaskan Komitmen Dorong Pertumbuhan Ekonomi

3. Pulau Kalimantan: Diecast Mobil hingga Aksesori Nail Art

Tokopedia pun melihat antusiasme masyarakat di daerah Kalimantan dalam berbelanja online masih terus meningkat. Misalnya, di daerah Kalimantan Barat, pencarian terhadap produk mainan dan hobi seperti diecast mobil mengalami lonjakan hingga hampir 2 kali lipat.

“Tak hanya di Pulau Sumatra, masyarakat di Kalimantan pun ikut merasakan euforia olahraga tenis. Hal tersebut sejalan dengan data Tokopedia, khususnya di Kalimantan Timur, bahwa jumlah pencarian produk tas raket tenis sebagai penunjang olahraga turut meningkat hingga lebih dari 3 kali lipat,” ucap Rizky.

Tidak hanya itu, Tokopedia mencatat pencarian terhadap makanan tahu sutra di Kalimantan Tengah, yang kaya akan protein, naik hampir 5 kali lipat. Data internal Tokopedia pun menunjukkan bahwa  di daerah Kalimantan Utara, jumlah pencarian untuk aksesori nail art di kategori Kecantikan mengalami kenaikan hingga hampir 4,5 kali lipat.

4. Pulau Sulawesi: Makanan Muesli hingga Celana Lari Perempuan

Tren pencarian online masyarakat di Sulawesi pun sangat beragam. Misalnya, di Sulawesi Tenggara, jumlah pencarian untuk makanan muesli, yang dikenal sebagai sumber protein dan antioksidan, mengalami kenaikan lebih dari 2,5 kali lipat.

Sedangkan di Sulawesi Tengah, masyarakat cenderung banyak mencari produk kecantikan. Hal ini terbukti dari jumlah pencarian untuk produk eye primer, yang bisa membuat riasan mata menjadi makin tahan lama, meningkat lebih dari 2,5 kali lipat.

Baca juga:  Konsisten Bawa Pelaku UMKM Naik Kelas, BRI Sabet Dua Penghargaan

“Tokopedia juga mencatat di Sulawesi Utara, produk sembako seperti cabe merah kian dicari masyarakat hingga mengalami kenaikan jumlah pencarian lebih dari 3 kali lipat. Sementara, di Sulawesi Barat, celana lari perempuan yang terdapat di kategori Olahraga, mengalami lonjakan jumlah pencarian hingga lebih dari 5,5 kali lipat,” terang Rizky.

5. Pulau Bali: Buku hingga Wortel

Tokopedia mencatat masyarakat di Bali cenderung banyak mencari produk yang dapat menunjang kegiatan hobi, seperti membaca buku. Hal ini terbukti dari kenaikan jumlah pencarian buku hiburan hingga hampir 2 kali lipat.

Selain itu, produk fesyen perempuan juga masih dicari oleh masyarakat di Bali. Tokopedia mencatat jumlah pencarian baju renang untuk ibu hamil, naik lebih dari 1,5 kali lipat.

“Memenuhi kebutuhan konsumen yang menjalani gaya hidup sehat dengan berjualan sayur organik juga dapat menjadi ide berjualan online. Uniknya menurut data Tokopedia, jumlah pencarian yang dilakukan masyarakat di Bali terhadap produk sembako seperti wortel naik hampir 2 kali lipat, sehingga berjualan produk sayur segar dapat menjadi peluang,” tutur Rizky.

Ia mengatakan Tokopedia juga membuka peluang bagi UMKM lokal dari segala latar belakang dan memenuhi berbagai kriteria untuk bergabung di Tokopedia NYAM! yang merupakan panggung khusus untuk pelaku usaha makanan dan minuman dari seluruh penjuru di Indonesia.

“Cara bergabung di Tokopedia NYAM! pun sangat mudah. Penjual bisa mengunjungi halaman khusus untuk mengetahui lebih lanjut terkait kriteria serta prosedur yang dapat diikuti agar toko penjual dapat dimasukkan pada Tokopedia NYAM!,” tutup Rizky. (Adv/balipost)

BAGIKAN