Seluruh jajaran bersama Forkopimda usai Sispamkota pengamanan Pemilu Serentak 2024 di GOR Kresna Jvara, Jumat (6/10). (BP/Ist)

BUPATI Jembrana I Nengah Tamba mengapresiasi kepada Polres Jembrana dalam melaksanakan pelatihan sistem pengamanan dalam kota (Sispamkota) untuk pengamanan pemilu tahun 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan pengamanan tahapan Pemilu tahun 2023-2024 di Kabupaten Jembrana.

Bupati berharap seluruh tahapan berjalan dengan lancar hingga pasca pemilu nanti. “Semoga nanti dalam tahapan awal sampai nanti pada massa kampanye pencoblosan, 14 Februari 2024 serta pasca pemilu tetap kondusif. Kita juga harapkan bersama semua tahapan pemilu berjalan aman, tentram serta juga memberikan rasa nyaman,” ujarnya, usai menghadiri kegiatan sispamkota, di halaman GOR Kresna Jvara, Jumat (6/10).

Baca juga:  Hari Pertama Kerja Bupati Tamba, Rapatkan OPD, Implementasikan “Nangun Sat Kerthi Loka Jembrana”

Nampak hadir Wabup IGN Patriana Krisna serta Forkopimda Kabupaten Jembrana. Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk representasi dari kesiapan Polres Jembrana atas tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan oleh negara dan seluruh masyarakat indonesia untuk menjamin keamanan, ketertiban, dan kelancaran demi suksesnya penyelenggaraan pemilu tahun 2024.

“Kepercayaan ini tentunya harus kita jawab dengan kesungguhan dan keikhlasan hati kita dalam melaksanakan tugas pengamanan sehingga rasa aman yang menjadi dambaan seluruh warga masyarakat betul-betul kita dapat wujudkan, ” jelasnya.

Menurutnya, simulasi Sispamkota ini merupakan kesiap siagaan saat menghadapi situasi kondisi konflik sosial dalam rangka pemilu tahun 2024. “Pemilu tahun 2024 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas dalam kacamata Kamtibmas peningkatan intensitas kegiatan politik ini tentu dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan, berbagai potensi kerawanan yang telah dipetakan untuk dilakukan upaya penanganan secara profesional dan berkelanjutan, ”ungkapnya.

Baca juga:  Anggaran Terbatas, RS Nyitdah Hanya Operasikan 2 Poli

Lebih lanjut, pihaknya menuturkan bahwa polres Jembrana sudah mempersiapkan kegiatan ini dari beberapa bulan yang lalu, mulai dari persiapan sarana prasarana, dan mempersiapkan personil yang akan dilibatkan di setiap tahapan yang ada dalam pemilu. “Kemarin kita melakukan latihan pra operasi kemudian peninjauan lapangan ditempat-tempat yang akan kita lakukan pengamanan yang rawan atau menjadi potensi untuk didatangi oleh masyarakat yang akan melakukan kegiatan-kegiatan dalam pemilihan umum, ” jelasnya.

Baca juga:  Pemerintah Jaga Ruang Digital Lebih Kondusif

Ia berharap agar seluruh personel dapat mengikuti latihan ini dengan serius dan bersungguh-sungguh. Dia juga mengingatkan bahwa latihan ini bukan hanya rutinitas, tetapi merupakan persiapan nyata dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama tahapan pemilihan umum. “Kegiatan latihan ini menjadi bagian dari upaya Polres Jembrana dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif menjelang Pemilu 2023-2024,” tandasnya. (Adv/Balipost)

BAGIKAN