Wayan Koster. (BP/Dokumen)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Wayan koster menerima penghargaan international tourism leaders summit atau ITSL Awards 2023, Circle excellence of IHGMA Bali, dari Indonesian Hotel General Manager Association DPD Bali. Gubernur bali periode 2018 – 2023 menjadi salah satu diantara 12 Tokoh Inspiratif, yang dinilai telah memberikan sumbangsih positif bagi pariwisata berkelanjutan di Bali.

Dalam sambutannya, Wayan Koster mengapresiasi kegiatan International Tourism Leaders Summit yang dinilai menjadi bagian dari upaya mewujudkan pariwisata berkualitas, dari sisi sumber daya manusia. Ia juga sempat menyatakan bahwa dibenci dan dicinta, merupakan bagian dari hidup. Ia merujuk pada hubungannya dengan pelaku pariwisata yang sempat renggang saat pandemi COVID-19 karena kebijakannya dianggap tak propariwisata.

Baca juga:  Tahun Ajaran 2019-2020, Tiga SMA Swasta di Tabanan Tak Dapat Siswa

Koster menekankan pelaku pariwisata dan pemangku kepentingan pariwisata selalu ingat awal mula munculnya pariwisata Bali yang telah berkembang menjadi sektor tulang punggung perekonomian Bali. Koster menegaskan pariwisata di Bali cepat berkembang karena kekayaan dan keunikan budaya yang dimiliki Pulau Dewata.

Dalam kesempatan tersebut, Koster juga menyoroti minimnya pembangunan infrastruktur penunjang pariwisata. Hanya dengan terkoneksi dan terintegrasinya udara, darat, dan laut, pariwisata bali bisa maju dan berkembang.

Baca juga:  Cek Pengamanan di Gilimanuk, Ini Permintaan Wakapolda

Koster menyampaikan persoalan yang perlu diatasi kini adalah kemacetan yang banyak terjadi di beberapa titik, ia juga menegaskan pentingnya menjaga lingkungan sekitar, demi pariwisata berkelanjutan. Di akhir sambutan, dengan sedikit berkelakar, Koster menyinggung hubungannya yang sempat agak kurang baik dengan pelaku pariwisata, selama pandemi yang berkaitan dengan kebijakan-kebijakannya saat itu.

Sementara itu, Ketua IHGMA DPD Bali, Yoga Iswara menyampaikan untuk menarik wisatawan yang berkualitas, pariwisata Bali harus terlebih dahulu menyiapkan infrastruktur penunjang dan produk-produk pariwisata yang berkualitas. (Purnawan/Hendra/balitv)

Baca juga:  Kelola Sampah di TPA Suwung, Ini Usulan Gubernur Bali

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *