Gempa mengguncang Bali pada Selasa (3/10) pukul 18.32.53 WITA. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Gempa mengguncang Bali pada Selasa (3/10) pukul18.32 WITA. Guncangan dirasakan Kuta, Badung.

Informasi BMKG menyebutkan jenis gempa ini adalah tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,1. Episenter terletak pada koordinat 9.25 LS; 114.53 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 92 km Baratdaya Kuta Selatan, Bali pada kedalaman 22 km.

Menurut Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar, Cahyo Nugroho, SE, S.Si, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia dibawah lempeng Eurasia.

Baca juga:  Berselang Semenit, Dua Gempa Guncang Selatan Bali

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kuta II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempabumi tektonik menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. “Hingga pukul 18.50.00 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan,” ungkapnya dikutip dari rilis diterima. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *