Tangkapan layar Direktur Regional FIFA untuk kawasan Asia dan Oseania Sanjeevan C Balasingam ketika menyampaikan sambutan dalam acara peletakan batu pertama National Training Center di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada Jumat (22/9/2023). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Kepemimpinan Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir yang berhasil meloloskan tim Merah Putih ke kualifikasi Piala Asia AFC dan Piala Asia U-23 mendapat pujian dari Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

Selain itu, Direktur Regional FIFA untuk kawasan Asia dan Oseania Sanjeevan C Balasingam juga mencatat keberhasilan timnas Indonesia memenangi medali emas pada SEA Games 2023—yang merupakan gelar pertama Indonesia di turnamen tersebut dalam 32 tahun.

“Keberhasilan ini menginspirasi anak-anak di seluruh Indonesia dan negara-negara tetangga untuk memainkan olahraga yang kita semua sukai dan saya yakin momentum Anda akan terus berlanjut melalui tuan rumah Piala Dunia U-17 FIFA,” kata Balasingam dalam agenda peletakan batu pertama Pusat Pelatihan Nasional (National Training Center) di Ibu Kota Nusantara, yang dikutip dari kantor berita Antara, Jumat (22/9).

Baca juga:  UKM Manufaktur Indonesia Didampingi Ahli Korea

Indonesia adalah negara Asia Tenggara pertama yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 pada November dan pembangunan National Training Center di IKN disebut sebagai momentum luar biasa menjelang turnamen bersejarah itu.

“Sangat menggembirakan bahwa masa depan sepak bola Indonesia makin cerah dengan meneruskan momentum ini melalui pembangunan National Training Center tercanggih pertama milik PSSI,” kata Balasingam.

Pusat pelatihan tersebut akan memiliki fasilitas lapangan rumput sintetis, ruang ganti dan bahkan asrama untuk pemain, pelatih, dan ofisial yang didukung dana 5,6 juta dolar AS (sekitar Rp85,6 miliar) dari FIFA.

Baca juga:  KTT ASEAN di Labuan Bajo, Dirut PLN Pimpin Apel Siaga Kelistrikan

Pendanaan dari FIFA dilakukan guna memastikan setiap negara bisa mencapai potensinya di dunia sepak bola, serta menunjukkan komitmen FIFA untuk turut berinvestasi bagi masa depan bangsa Indonesia dengan mendukung pemerintah Indonesia dalam pembangunan ibu kota baru dengan mendanai infrastruktur olahraga internasional pertama di IKN.

Balasingam berharap melalui pembangunan National Training Center, tim muda dan timnas Indonesia mampu bersaing dan mendapat prestasi lebih tinggi serta memberikan generasi muda dan generasi mendatang akses terhadap peluang pengembangan sepak bola lebih lanjut.

Baca juga:  PPATK Temukan Transaksi Caleg Mencurigakan Rp51,47 Triliun

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, pemerintah Indonesia, Ketua PSSI Erick Thohir dan timnya, serta semua pihak yang telah terlibat dalam persiapan Piala Dunia U-17. Peletakan batu pertama proyek ini merupakan tonggak penting yang mewakili langkah maju sepak bola di Indonesia serta kemitraan indah antara PSSI dan FIFA,” kata dia. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *