Dr. Anak Agung Sri Mahyuni menunjukkan salah satu produk Teh Kombucha yang diproduksinya. (BP/kmb)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kombucha merupakan jenis jamur yang hidupnya bisa melebihi pemiliknya. Jamur ini memiliki beragam khasiat yang jika dikonsumsi rutin bisa bermanfaat untuk kesehatan.

Pakar Jamur, Dr. Anak Agung Sri Mahyuni mengatakan Jamur Kombucha sudah berada di Bali sejak Raja Batur yang pertama. “Jadi Jamur Kombucha itu merupakan jamur yang sudah ada sejak zaman dulu, dibawa pertama kali ke Bali kurang lebih dari 596 Masehi, zaman pemerintahan Raja Batur yang pertama yang memiliki istri orang China. Istrinya ini yang membawa Kombucha serta uang kepeng dari dataran China,” jelasnya, Kamis (7/9).

Baca juga:  Papua Miliki Venue MTB dan Road Race

Mahyuni yang juga pengusaha jamur ini mengolah Kombucha menjadi minuman teh kekinian. Ia memberikan beragam rasa buah-buahan dan madu pada kombucha. Dalam sehari Mahyuni memproduksi 200 botol teh kombucha. Per botolnya, ia mematok harga Rp10 ribu.

Mahyuni mengaku mengenal Kombucha dari ibu mertuanya. “Saya dapat kombucha itu dari ibu mertua saya yang dibawa dari rumah gadisnya. Tetapi beliau tidak tau manfaatnya hanya tahu kombucha untuk menyembuhkan panas dalam,” jelasnya.

Baca juga:  Solusi Bertahan di 2021, Masyarakat Bali Disarankan Lakukan Ini

Mahyuni pun kemudian mencari informasi khasiat jamur ini dari jurnal dan penelitian guru besar di Universitas Udayana. Ternyata, kombucha punya beragam manfaat, di antaranya bisa menurunkan tekanan darah, diabetes, asam urat. Mahyuni juga mengatakan jika kombucha bisa menjadi obat jerawat, obat ketombe, dan juga bisa menjadi obat luka yang ringan seperti tergores pisau. (Sinta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *