Arsip foto - Sejumlah pemain muda melakukan latihan saat seleksi pemain Timnas U-17 di Pemusatan Latihan Bali United di Pantai Purnama, Kabupaten Gianyar, Bali, Minggu (16/9/2023). (BP/Ant)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tim nasional (timnas) tiga negara yang akan tampil di Piala Dunia U-17 di Indonesia pada 10 November – 2 Desember, yaitu Amerika Serikat, Meksiko, dan Jepang, memilih lapangan milik Bali United menjadi lokasi latihan. “Kami siapkan lapangan yang tidak main-main karena semua sudah standar FIFA,” kata pemilik Bali United Pieter Tanuri di Denpasar, dikutip dari Kantor Berita Antara, Rabu (6/9).

Nantinya, timnas U-17 dari tiga negara itu akan menggunakan fasilitas lapangan latihan Bali United di Pantai Purnama, Kabupaten Gianyar, Bali.

Menurut dia, dipilihnya tempat latihan klub dengan julukan Serdadu Tridatu itu karena memiliki fasilitas lengkap di antaranya, tiga lapangan bola serta fasilitas kebugaran yang berada pada lahan seluas sekitar 30 hektare itu.

Baca juga:  Piala AFC 2022, Bali Jadi Tuan Rumah Grup G

Ia menilai fasilitas tersebut menunjang timnas untuk menjalani latihan dan saat ini pihaknya menyiapkan perawatan rumput.

Selain lapangan yang sudah tersedia, saat ini Bali United juga sedang mengerjakan satu lapangan yang ditargetkan rampung pada Desember dan empat lapangan lain dalam proses pembangunan. Total, terdapat delapan lapangan sepak bola khusus untuk latihan dan turnamen.

Pieter menambahkan, jumlah timnas U-17 yang akan menggunakan fasilitas di Bali United dimungkinkan bertambah karena saat ini ada satu timnas yang sedang dalam pembahasan finalisasi kerja sama untuk menggunakan fasilitas latihan. Namun, Pieter masih enggan menyebut negara asal timnas yang dimaksud.

Baca juga:  Selangkah Lagi, Bali United Juara

Sebelumnya, lapangan latihan milik Bali United juga kerap digunakan untuk berlatih di antaranya oleh timnas Indonesia U-20.

Selain itu, keberadaan fasilitas tersebut juga dijadikan sebagai tempat pembinaan dan menjaring bakat baru pemain sepak bola muda.

Ia menambahkan, dipilihnya fasilitas Bali United itu oleh tiga negara peserta Piala Dunia U-17 juga menjadi potensi meningkatkan wisata olahraga yang saat ini digenjot pemerintah.

Indonesia menjadi tuan rumah pelaksanaan Piala Dunia U-17 yang diadakan di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya dengan pengundian grup akan dilakukan di markas FIFA di Zurich, Swiss, Jumat (15/9).

Baca juga:  Soal Ceres Negros, Bali United Tunggu Putusan AFC

Timnas Indonesia masuk ke dalam pot 1 dan akan langsung masuk ke dalam grup A sebagai tuan rumah. Indonesia berada di pot 1 bersama Brazil, Meksiko, Prancis, Spanyol, dan Jepang.

Kemudian pot 2 dihuni oleh Jerman, Mali, Inggris, Korea Selatan, Argentina, dan Ekuador. Pot 3 dihuni oleh Selandia Baru, Iran, Senegal, Amerika Serikat, Uzbekistan, dan Maroko.

Sementara itu, pot 4 berisi Kanada, Kaledonia Baru, Panama, Burkina Faso, Polandia, dan Venezuela.

Total 24 kontestan akan bersaing di ajang internasional yang dibagi ke dalam enam grup dengan masing-masing diisi oleh empat kontestan. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN