Apel gelar pasukan Operasi Bina Waspada Agung 2023 di halaman Mapolda Bali. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Polda Bali dan jajaran melaksanakan Operasi Bina Waspada Agung 2023 dalam rangka menjaga kondusivitas, keamanan, ketertiban masyarakat (kamtibmas) jelang Pemilu Serentak 2024. Operasi ini diawali apel gelar pasukan di halaman Mapolda Bali, Jalan Supratman No. 7 Denpasar, Rabu (30/8). Dalam kegiatan ini diprioritaskan upaya preemtif untuk mencegah gejolak di tahun politik.

Saat memimpin apel, Direktur Binmas Polda Bali Kombes Pol. Arsdo Ever P. Simatupang menyampaikan operasi ini digelar serentak di Polresta Denpasar dan polres di wilayah hukum Polda Bali sejak 30 Agustus hingga 10 September 2023. Apel ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel.

Baca juga:  Kasus Pengerukan Tebing, Polda Periksa Saksi Ahli

Operasi ini di bidang pembinaan dan penyuluhan terhadap potensi masyarakat yang mendukung kamtibmas dalam upaya antisipasi pada kegiatan menjelang Pemilu 2024. “Tujuannya mendukung kelancaran pelaksanaan pesta demokrasi demi terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif,” ujarnya.

Kombes Arsdo menekankan di tahun politik ini akan ada pergerakan dari berbagai partai melakukan kegiatan dan memungkinkan adanya gejolak yang bisa menimbulkan situasi kamtibmas kurang kondusif. Oleh karena itu perlu adanya langkah-langkah preemtif untuk mencegah gangguan kamtibmas agar tidak berkembang dengan menggelar Operasi Bina Waspada Agung-2023 yang mengedepankan fungsi preemtif.

Baca juga:  Kunjungi Museum Agung Bung Karno, Konjen Tiongkok Temukan Dokumen Mao Tse Tung

“Seluruh personelnya yang terlibat dalam operasi ini agar menjalankan tugas dengan sungguh-sungguh. Saat menjalankan tugas harus berpedoman pada rencana operasi. Muaranya adalah agar situasi kamtibmas pada pelaksanaan Pemilu 2024 tetap kondusif,” tegas Kombes Arsdo. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN