Seorang perempuan sedang mengaplikasikan sunscreen untuk melindungi kulit dari sengatan matahari. (BP/may)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Dengan kondisi cuaca dan suhu saat ini, terutama di Bali sangat penting merawat kulit dengan menggunakan sunscreen. Sunscreen sangat dibutuhkan oleh setiap orang.

Tak hanya perempuan, laki-laki bahkan anak-anak juga memerlukannya. Dokter Adeline Devita ditemui saat talkshow pada Sabtu (26/8) mengatakan, penggunaan sunscreen tidak hanya untuk orang yang beraktivitas di luar ruangan yang terpapar sinar matahari langsung.

Mereka yang ada di dalam ruangan juga sangat membutuhkan karena alat-alat elektronik yang mengeluarkan blue light dapat memberi efek ke kulit seperti bintik-bintik hitam di wajah. Selain itu perlu juga dilakukan re-apply penggunaan sunscreen karena dengan kandungan SPF yang dimiliki hanya memproteksi dalam beberapa jam.

Baca juga:  Banyak Pilihan Produk, Tiga Hal Ini Harus Diperhatikan Saat Pilih Sunscreen

‘Misalnya saja sunscreen dan SPF 50, hanya mampu memproteksi kulit antara 3-4 jam. Namun dalam pemilihan sunscreen sangat penting mengenal jenis kulit terlebih dahulu,” ungkapnya.

Sama halnya dengan tubuh, kulit juga bisa mengalami dehidrasi, baik karena paparan sinar matahari dan polusi, faktor makanan dan minuman yang dikonsumsi, dan penggunaan produk skincare yang kurang tepat pada kulit. “Sehingga perlu diperhatikan untuk kita bisa memproteksi kulit agar tidak dehidrasi, baik dari dalam maupun luar. Salah satunya dengan menggunakan sunscreen yang tentunya perlu kita perhatikan SPF-nya. Apalagi dengan keadaan cuaca panas terik dan polusi yang terjadi di Indonesia saat ini,” bebernya.

Baca juga:  Diskes Bali Sebut Klinik Bumi Sehat Tak Penuhi SPK Indonesia

PR dan Marcomm brand produk kecantikan, Nurul Fajrini mengatakan saat ini semakin banyak orang yang aware terhadap kesehatan dan kebutuhan kulit. Mereka tidak lagi memikirkan tentang proteksi kulitnya tapi juga proteksi kulit anak-anak mereka.

Namun perlu diingat bahwa kebutuhan kulit setiap orang berbed-beda sehingga pemilihan sunscreen perlu disesuaikan. Yang terpenting dalam pemilihan sunscreen, kata Nurul yang merupakan Marcomm YOU Beauty ini, selain harus memiliki SPF untuk melindungi kulit dari UV B, juga perlu Protection Grade of UVA (PA) untuk melindungi dari sinar UVA.

Baca juga:  Kawasan Konservasi Perairan Bali Dirancang 55 Ribu Hektar

Selain itu sunscreen setidaknya juga mengandung ectoine dan ceramide yang berfungsi sebagai skin barrier kulit. “Banyak orang mengeluhkan tentang sunscreen yang memberi efek lengket, berminyak, tidak ramah untuk kulit berjerawat bahkan white cast, maka dari itu konsumen harus pintar-pintar memilih sunscreen terutama pilih yang berbahan dasar air agar mudah menyerap di kulit,” ujarnya. (Citta Maya/balipost)

BAGIKAN