Dilindungi Sinar UV
Ilustrasi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Saat beraktivitas di luar ruangan, panas matahari mungkin akan menyengat kulitmu. Hal ini tidak hanya berdampak pada perubahan warna kulit, tapi juga dapat merusak kulit hingga menyebabkan kanker kulit.

Salah satu cara untuk melindungi diri dari sinar matahari adalah dengan menggunakan sunscreen. Sunscreen atau tabir surya merupakan produk perawatan kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit dari pengaruh sinar UV dari matahari yang dapat merusak kulit.

Namun, saat ini banyak produk sunscreen yang beredar di pasaran dan mungkin membuat kamu bingung dalam memilih. Dilansir dari American Cancer Society, berikut tiga tips yang dapat membantu kamu dalam memilih sunscreen :

  1. Sunscreen dengan Broad Spectrum Protection
Baca juga:  Seorang Pria Ditemukan Tewas Tanpa Busana di Rumah Kontrakan

Sunscreen yang memiliki broad spectrum protection atau perlindungan spektrum luas akan melindungimu dari sinar UVA dan UVB. Semua produk sunscreen melindungi dari sinar UVB, yang menyebabkan kulit terbakar dan kanker kulit. Namun, sinar UVA juga berkontribusi terhadap kanker kulit dan penuaan dini. Hanya beberapa produk yang memiliki broad spectrum protection.

2. Minimal SPF 30

Pastikan sunscreen yang kamu gunakan memiliki sun protection factor (SPF) 30 atau lebih tinggi dari itu. Angka SPF merupakan tingkat perlindungan yang diberikan sunscreen terhadap sinar UVB. Angka SPF yang lebih tinggi berarti perlindungannya lebih tinggi.

Baca juga:  Denpasar Selalu Tambah Puluhan Kasus COVID-19 Harian, Persentase Pasien Sembuh Justru Capai Segini

Sunscreen dengan SPF 15 hanya menyaring sekitar 93% sinar UVB, sedangkan sunscreen SPF 30 menyaring sekitar 97%. Sementara itu, sunscreen SPF 50 menyaring sekitar 98%, dan SPF 100 menyaring sekitar 99%. Tidak ada sunscreen yang dapat melindungi sepenuhnya.

3. Water Resistant Bukan Berarti Tahan Air

Tidak ada sunscreen yang tahan air dan tahan keringat. Water resistant artinya suatu produk tahan selama 40 menit atau 80 menit saat berkeringat atau saat berenang.

Baca juga:  Denpasar Kembali Tambah Korban Jiwa, Belasan Kasus COVID-19 Baru Juga Masih Dilaporkan

Untuk hasil terbaik, kamu bisa mengaplikasikan kembali sunscreen setidaknya setiap dua jam atau lebih sering lagi saat berenang atau berkeringat. Sunscreen biasanya akan terhapus saat kamu mengeringkan diri dengan handuk, sehingga kamu perlu memakainya lebih banyak lagi.

Gunakan sunscreen saat kamu beraktivitas di luar ruangan atau di bawah terik sinar matahari. Kamu juga bisa melindungi diri dengan berlindung di tempat yang tidak terkena sinar matahari atau dengan membawa payung. (kmb/balipost)

BAGIKAN