Wakil Gubernur Bali, Tjok Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) saat menghadiri HUT ke-35 Bali Willy's Club (BWC) di Monumen Puputan Klungkung, Sabtu (26/8). (BP/Ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Guna menjaga Bali tetap kondusif menjelang pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2024 mendatang, Wakil Gubernur (Wagub) Bali, Tjok Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) merangkul pecinta otomotif, khususnya mobil kuno yang tergabung dalam beberapa komunitas. Secara estafet, Wagub Cok Ace hadir di tiga acara yang dilaksanakan komunitas pecinta otomotif, Sabtu (26/8).

Pertama, Wagub Cok Ace menghadiri HUT ke-35 Bali Willy’s Club (BWC) di Monumen Puputan Klungkung. Berikutnya, Wagub Cok Ace hadir pada HUT ke-32 Bali Volkswagen Division (BVD) di Sekar Jambu, Jalan Sedap Malam Denpasar, dan terakhir menghadiri Ramah Tamah Club Otomotif di Kebon Vintage, Biaung, Denpasar.

Saat memberi sambutan ditiap lokasi, Wagub Cok Ace menyinggung perhelatan politik yang akan digelar di Indonesia. Ia mengingatkan godaan yang akan dihadapi komunitas pecinta otomotif yang notabene punya jumlah anggota cukup banyak. Oleh sebab itu, ia berharap peran aktif komunitas penggemar otomotif dalam menyukseskan ajang pesta demokrasi.

Wagub Cok Ace mengingatkan agar seluruh pecinta otomotif menggunakan hak pilih pada pelaksanaan Pemilu. Selain itu, ia juga meminta dukungan para pecinta otomotif dalam menyukseskan program pembangunan yang tengah dijalankan oleh pemerintah. “Mari galang kekompakan mendukung program pemerintah yang diarahkan untuk mensejahterakan masyarakat menuju Bali era baru,” ajak Wagub Cok Ace.

Baca juga:  Dua Hari Turun ke Belasan, Kasus COVID-19 Harian Bali Balik ke Puluhan Orang

Guru Besar ISI Denpasar ini menyampaikan selamat kepada BWC dan BVD yang masing-masing merayakan ulang tahun ke-35 dan ke-32. Menurutnya, dua komunitas itu telah mampu bertahan hingga menginjak usia yang cukup dewasa. Ia berharap, dua komunitas ini semakin maju, solid dan akrab. Ditambahkannya, ulang tahun adalah momen penting untuk melakukan dua hal yaitu bersyukur dan evaluasi. “Rasa syukur kita panjatkan karena kendaraan tua yang kita rawat masih bisa dikendarai. Padahal rata-rata usianya telah melebihi umur pemiliknya,” ujarnya.

Selain itu, dua komunitas ini pantas bersyukur karena tetap solid hingga menginjak usia 35 dan 32 tahun. Ia berpendapat, BWC dan BVD masih bisa bertahan dan makin dewasa karena terjaganya soliditas dan kerjasama di internal organisasi sekaa demen ini. “Soliditas ini sangat tergantung pada performa ketua. Kalau ketuanya mulai punya kepentingan pribadi, tak lagi memiliki rasa tulus ikhlas, pasti sudah bubar. Ini puluhan tahun terlewati, tandanya kekompakan terawat dengan baik,” tandasnya.

Baca juga:  Bali Tuan Rumah MTI 2020, Wagub Cok Ace Optimis Dampaknya Positif

Selain sebagai ajang bersyukur, perayaan ulang tahun juga harus dimaknai sebagai ajang evaluasi yang diarahkan pada perenungan tentang apa yang menjadi cita-cita pendiri dari masing-masing komunitas otomotif. “Dengan demikian, kita sebagai penerus punya benang merah dengan para pendiri dan melanjutkan cita-cita mereka,” imbuhnya.

Mengakhiri sambutannya, Wagub Cok Ace juga mohon pamit karena tinggal hitungan hari ia akan melepas jabatan sebagai Wagub Bali. “Pada 5 September saya akan mengakhiri tugas sebagai Wagub, dan kembali ke kampus menjadi dosen. Kalau tahun depan hadir lagi di tengah perayaan seperti ini, tentunya kapasitas saya adalah akademisi dan juga pecinta otomotif,” sebutnya.

Pada perayaan HUT ke-35 BWC, Wagub Cok Ace menerima penghargaan dari Sekjen BWC Ngurah Suparta. Sementara itu, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta yang hadir pada perayaan HUT BWC, menyampaikan terima kasih kepada komunitas kendaraan Willy’s. Terlebih kegiatan ini digelar di Monumen Puputan Klungkung yang merupakan tempat sangat bersejarah bagi masyarakat Klungkung. Ia berharap nuansa nasionalisme lokasi acara mampu memantik semangat anggota BWC untuk tetap solid dan menjadi teladan bagi generasi muda. Lebih dari itu, Ia meminta BWC mempromosikan Klungkung yang belakangan terkenal dengan objek wisata Nusa Penida. “Sesekali buat acara di Nusa Penida. Ada pula sejumlah tempat bersejarah seperti Kerta Gosa,” ujar Bupati Suwirta disambut aplaus para peserta.

Baca juga:  Karya Pujawali di Mandara Giri Semeru Agung Kasineb

Kehadiran Wagub Cok Ace di tengah komunitas pecinta otomotif mendapat apresiasi dari Ketua BVD Bali Wayan Pasek dan Sekjen BWC Ngurah Suparta. Keduanya menghaturkan apresiasi dan terima kasih atas kehadiran Wagub Cok Ace di tengah komunitas otomotif. Sedangkan di Kebon Vintage, Club Otomotif Bali secara khusus membuat perayaan ulang tahun ke-67 Wagub Cok Ace yang jatuh pada 23 Agustus 2023. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN