Peserta lomba yang pingsan saat diangkat menuju mobil ambulans. (BP/Gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Sejumlah peserta Lomba Gerak Jalan Indah dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI di Kabupaten Klungkung, Rabu (9/8) siang, pingsan. Para pelajar tingkat SD ini jatuh pingsan saat tiba di garis finish, tepatnya di Simpang Timur, Jalan Dhamawangsa, Semarapura Klod Kangin.

Kapolsek Klungkung Kompol Agus Widarma Putra, Kamis (10/9) mengatakan, pada siswa ini pingsan karena kelelahan. Mereka yang pingsan itu mendapatkan penanganan medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung.

Ada juga yang dilarikan ke RSUD Klungkung untuk diberi pertolongan. Pihak kepolisian dikatakannya sudah bergerak cepat memimpin pelaksanaan pengamanan Lomba Gerak Jalan Indah tingkat SD, untuk mengantisipasi hal-hal seperti ini.

Baca juga:  Didesak Laporkan ke Berwajib, Kasus Penyerempetan Danton Tim Putri SMAN 4 Singaraja

Pihaknya menyampaikan bahwa para peserta yang pingsan dalam lomba tersebut berjumlah 6 orang siswa. Sebagian dari mereka ada yang dilarikan ke RSUD Klungkung untuk menjalani perawatan medis. Sedangkan sisanya yang siuman langsung dipulangkan, berkordinasi dengan pihak guru yang mendampingi saat berlangsungnya lomba.

“Saat itu, ada sekitar 6 orang siswa yang pingsan. Petugas medis dan para guru dari siswa ini sangat responsif, sehingga saat kejadian itu langsung segera ditangani dengan baik dan cepat,” ujarnya.

Baca juga:  Jatuh dari Tebing Setinggi 15 Meter di Antap, WN Jerman Tewas

Dia menjelaskan, para peserta lomba ini sebelumnya berbaris dengan menempuh jarak sekitar 1 kilometer. Mengambil start dari Simpang Lima hingga finish di Simpang Timur, Jalan Dhamawangsa, Semarapura Klod Kangin.

Ia menduga para peserta yang pingsan itu karena kelelahan dan akibat cuaca yang sangat panas saat berlangsungnya lomba. “Dugaan kami mungkin karena mereka kelelahan, apalagi cuacanya sangat panas sekali tadi,” ujarnya.

Kapolsek Klungkung mengakui bahwa saat perlombaan gerak jalan tersebut, cuaca sangat terik, sehingga banyak peserta yang langsung jatuh pingsan saat tiba di garis finish. Hal ini ke depan perlu menjadi perhatian bersama, agar peserta lomba perlu dilatih secara fisik agar lebih kuat saat pelaksanaan lomba. Meski demikian Lomba Gerak Jalan dalam rangka HUT RI tahun ini tetap berlangsung meriah dan disambut antusias oleh masyarakat. (Bagiarta/balipost)

Baca juga:  Kebakaran Pasar Mengwi, Belasan Mobil Damkar Dikerahkan
BAGIKAN