Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar meraih prestasi gemilang Indikator Kinerja Utama (IKU) dalam Liga Perguruan Tinggi Negeri Satuan Kerja (PTN-Satker) se-Indonesia Tahun 2023. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar meraih prestasi gemilang Indikator Kinerja Utama (IKU) dalam Liga Perguruan Tinggi Negeri Satuan Kerja (PTN-Satker) se-Indonesia Tahun 2023. ISI Denpasar menang dalam lima kategori, yaitu Pertumbuhan IKU Terbaik PTN-Satker dan Posisi Tertinggi (Top 10%) Liga PTN-Satker Seni.

Raihan kemenangan tiga kategori lainnya, yakni penghargaan IKU 2 tentang persentase partisipasi mahasiswa terbanyak mendapat pengalaman di luar kampus; IKU 5 kategori hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat atau mendapat rekognisi internasional; dan IKU 6 kategori program studi bekerja sama dengan mitra kelas dunia. Penghargaan diserahkan Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemendikbudristek, Prof. Nizam pada acara Evaluasi Pelaksanaan Program, Kegiatan, dan Anggaran Triwulan Kedua Tahun Anggaran 2023 kepada Wakil Rektor (WR) Bidang Umum Dr. Ketut Muka bersama WR Bidang Kerja Sama Prof. Dr. Komang Sudirga, mewakili Rektor ISI Denpasar,  pada Jumat (21/7), di Jakarta.

Baca juga:  Masa Jabatan Berakhir, Koster akan Istirahat Total 2 Minggu

Di sela acara penyerahan penghargaan, WR Bidang Kerja Sama ISI Denpasar Prof. Sudirga menyampaikan rasa bangga dan haru. “Kerja keras seluruh pimpinan bersama sivitas akademika selama dua tahun belakangan ini berbuah hasil yang membanggakan. Capaian IKU terbaik yang merupakan barometer keberhasilan prestasi PTN di Indonesia kembali dapat diraih. Setelah pada tahun 2022 berhasil meraih dua prestasi, yakni bidang kerja sama dan posisi tertinggi (Top 10%) pada Liga Satker-Seni, kini bertambah dengan tiga kategori. Seluruh PTN berpacu untuk menjadi yang terbaik. ISI Denpasar, astungkara dapat meningkatkan prestasi,” ujarnya.

Baca juga:  Faculty Of Communication and Media Studies UiTM Negeri Sembilan Branch, Rembau Campus, Malaysia Berkunjung ke ISI Denpasar

Upaya untuk berprestasi dalam capaian IKU, telah menjadi pemicu kerja seluruh perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia. Setiap PTN berkompetisi dalam liga masing-masing, yakni Liga PTN Badan Hukum (BH), PTN Badan Layanan Umum (BLU), dan PTN Satuan Kerja (Satker). Pada PTN-Satker juga terdapat kategori Liga PTN Satker-Seni, yakni kompetisi antar PTN bidang seni seluruh Indonesia. ISI Denpasar selain berprestasi dalam Liga Satker-Seni juga terdepan dalam capaian Pertumbuhan IKU Terbaik Tahun 2022 Liga PTN-Satker se-Indonesia.

Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. Wayan ‘Kun’ Adnyana dalam kanal media sosial kampus setempat menyampaikan syukur atas prestasi yang diraih, sekaligus berterima kasih kepada seluruh mitra bersama sivitas akademika ISI Denpasar atas kerja gotong royong dan sinergi tanpa putus yang telah dibangun bersama. “Seluruh mitra ISI Denpasar, meliputi lembaga seni budaya dan dunia usaha-dunia industri swasta dan pribadi (baik oleh seniman, desainer, maestro, maupun profesional) di Indonesia, serta berbagai organisasi perangkat daerah provinsi dan kota/kabupaten se-Bali, termasuk perguruan tinggi negeri-swasta baik di Indonesia maupun internasional. ISI Denpasar dalam tingkatan institut, fakultas, dan program studi telah menjalin kerja sama dan sinergi luar biasa dalam upaya pemajuan kurikuler pendidikan tinggi bidang seni dan desain, termasuk juga kerja ekstrakurikuler Pemajuan Kebudayaan. Prestasi IKU dapat diraih karena semata hasil kerja sama yang meluas antara sivitas akademika dan mitra dalam koordinasi efektif kelembagaan institut, fakultas, dan program studi,” terang mantan Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali itu. (kmb/balipost)

Baca juga:  Kisah Perjalanan Institut Seni di Ufuk Timur Indonesia Dipentaskan
BAGIKAN