Handayani. (BP/Dokumen BRI)

JAKARTA, BALIPOST.com – Permintaan investor terhadap surat utang negara atau Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI023 dikonfirmasi mencatatkan rekor tertinggi sepanjang sejarah pada Senin (17/7) lalu. Pemerintah yang awalnya menetapkan target sebesar Rp20 triliun, kemudian naik menjadi Rp25 triliun, dan terakhir naik menjadi Rp28,9 triliun.

Kenaikan itu juga terlihat pada minat investor yang membeli ORI023 melalui PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI. Tercatat realisasi penjualan ORI023 mencapai angka Rp2,07 triliun atau meningkat 2 kali lipat dari ORI sebelumnya (ORI022 Rp1,01 Triliun).

Terkait dengan hal tersebut, Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani merincikan, penjualan yang paling diminati adalah tenor 3 tahun (ORI023 – T3) yakni sebesar Rp1,51 triliun, lebih banyak dibanding penjualan tenor 6 tahun (ORI023 – T6) di angka Rp556 miliar.

Baca juga:  Desa Adat Madangan Kaja Garap Potensi Desa

“Alasannya karena untuk jangka waktunya masih terbilang tidak terlalu panjang, dengan kupon yang masih cukup menarik di atas rata-rata suku bunga deposito perbankan. Tingginya minat investor membeli ORI023 disebabkan faktor keamanan dan tingkat kupon yang menarik yaitu 5,90% untuk tenor 3 tahun dan 6,10% untuk tenor 6 tahun. Selain itu tarif Pph final ORI023 relatif rendah yaitu sebesar 10%” ucap Handayani.

“ORI023 juga bersifat tradable (dapat diperjualbelikan) sehingga nanti investor juga dapat menjual ORI023 sebelum jatuh tempo di pasar sekunder. Keuntungan lainnya adalah ORI023 bisa di jadikan agunan kredit,” lanjutnya.

Baca juga:  Satu Bulan Lagi, Jembatan Jalur Evakuasi di Desa Adat Bukit Galah Ditarget Rampung

Handayani juga menjelaskan, berdasarkan demografi, investor pembeli terbanyak di BRI berasal dari generasi Gen X sebesar 45%, generasi Baby Boomers sebesar 31%, generasi Y sebesar 20%, dan generasi Z sebanyak 4%. Mayoritas investor merupakan wiraswasta dan berasal dari wilayah Jabodetabek (40%) dan wilayah Pulau Jawa (31%).

Selain itu, dalam upaya memaksimalkan penjualan ORI023 melalui BRI, Wealth Management BRI berkolaborasi dengan Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) menyelenggarakan sales activity berupa talkshow “Wealth Tea Time” ORI023 di Hotel Four Point by Sheraton, Manado, 14 Juli 2023. BRI terus melakukan kegiatan literasi finansial dalam memberikan layanan “One Stop Financial Solution” kepada para nasabahnya.

Baca juga:  Perlu Dana Kuliah Anak? Siapkan Sejak Dini

Dengan demikian diharapkan hal ini menjadi wujud serta bukti nyata bahwa BRI terus berkomitmen untuk tumbuh dan memberikan layanan terbaik kepada para nasabahnya. Pada Agustus 2023, Pemerintah akan kembali menerbitkan SBSN, yaitu Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR019 dimana masa penawarannya direncanakan tanggal 18 Agustus hingga 13 September 2023. Bagi Investor yang kemarin kehabisan kuota ORI023, jangan sampai ketinggalan untuk melakukan pemesanan SR019 melalui BRI di sbn.bri.co.id dan juga melalui BRImo selama masa penawaran tersebut. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *