Rice cooker. (BP/Dokumen Ruparupa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Meski dinamakan sebagai penanak nasi, rice cooker juga bisa kamu manfaatkan buat masak pasta. Apalagi, alat ini sudah dilengkapi pengaturan suhu otomatis yang bisa memastikan kematangan makanan secara merata.

Nah, berikut beberapa langkah mudah bikin pasta pakai rice cooker yang bisa kamu ikuti.

1. Tuangkan air ke dalam rice cooker

Pertama, isi wadah rice cooker dengan rasio pasta dan air 1:2. Namun, pastikan isinya tidak melebihi 2/3 bagian karena bisa meluap saat mendidih.

2. Berikan penyedap rasa

Sebelum memasukkan pasta, kamu perlu menaburkan garam dan penyedap rasa pada air di rice cooker. Tujuannya agar rasa pasta tidak hambar ketika sudah matang.

Baca juga:  Kasus Suap Rektor Unila Coreng Dunia Pendidikan

3. Masukkan pasta ketika air sudah mendidih

Kalau airnya sudah mendidih, barulah kamu bisa memasukkan pasta untuk direbus dan tunggulah selama beberapa menit. Namun, kamu harus rutin mencicipi pasta untuk memeriksa kematangannya. Pastikan dalam kondisi al dente atau memiliki tekstur kenyal saat digigit, tetapi tidak terlalu keras atau mentah.

4. Tiriskan air

Bila sudah, matikan alat penanak nasi dan tiriskan sisa airnya. Hindari membiarkan pasta terlalu lama dalam air mendidih setelah matang. Soalnya, ini bisa bikin tekstur pasta jadi terlalu lembek. Biar tidak lengket dan saling menempel, kamu bisa menuangkan sedikit minyak olive.

Baca juga:  Kasus COVID-19 Nasional Bertambah di Bawah 4.500, Kumulatif Korban Jiwa Lampaui 46.000

5. Buat sausnya

Kalau rice cooker punya fitur tumis, maka bisa sekaligus memasak sausnya. Cukup dengan mengocok telur, krim, dan keju parmesan. Kemudian, tumis bawang putih yang sudah dicincang di dalam rice cooker dan tuangkan adonan sausnya. Aduk saus secara merata dan tunggu sampai mengental. Jika sudah, kamu bisa mengaduknya dengan pasta.

Nah, itu dia lima langkah bikin pasta carbonara pakai rice cooker. Mudah, bukan? Semua perlengkapan bikin pasta tersebut bisa kamu beli di ruparupa. Di sini, kamu juga bisa belanja aneka peralatan dapur, seperti air fryer, dan coffee maker.

Baca juga:  Bersihkan Kamar Mandi Gunakan Bahan Ramah Lingkungan, Simak 4 Keuntungannya

Bahkan, kamu juga dapat membeli perabot berkualitas dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, INFORMA, INFORMA Electronics, INFORMA Sleep, Pendopo, Toys Kingdom, ATARU, Krisbow, Pet Kingdom, SELMA, Susen, Chatime, Ashley, EYE SOUL, dan masih banyak lagi. Yuk, belanja sekarang! (Adv/balipost)

BAGIKAN