Bade untuk palebon Cok Budi Suryawan berada di kawasan Ubud, Gianyar. Sebanyak 7 banjar akan dilibatkan mengusung bade dan lembu saat palebon, Senin (24/7). (BP/kup)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Senin (24/7), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Tujuh Banjar Usung Bade dan Lembu Palebon Cok Budi Suryawan

GIANYAR, BALIPOST.com – Rangkaian karya palebon mantan Bupati Gianyar Cokorda Gede Budi Suryawan (CBS) menggunakan tingkatan upacara utama. Bendesa Adat Ubud sekaligus Panitia Karya Pelebon Cokorda Gede Budi Suryawan, Tjokorda Raka Kerthyasa (Cok Ibah) Senin (24/7) mengatakan sarana upacara palebon menggunakan Bade Tumpang Sembilan dan Lembu Hitam.

Bade dan lembu diletakkan berdekatan dengan areal Ancak Saji Puri Agung Ubud. Cok Ibah mengungkapkan jenazah (layon) akan diberangkatkan dari Puri Mahasari menuju Ancak Saji Puri Agung Ubud sekitar pukul 12.00 WITA.

Baca juga:  Kembali, Tambahan Korban Jiwa COVID-19 Bali Alami Kenaikan

Selengkapnya baca di sini

2. Sejumlah Warga Tolak Rencana Bangun Resort di TWA Batur

BANGLI, BALIPOST. com – Sejumlah warga keberatan dan menolak rencana pembangunan resort yang akan dilakukan investor di Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Batur, Kintamani. Warga yang keberatan tersebut menyampaikan aspirasinya ke DPRD Bangli, Senin (24/7).

Kedatangan warga diterima Ketua DPRD Bangli Ketut Suastika, Wakil Ketua DPRD Bangli Komang Carles dan anggota DPRD Bangli Made Joko Arnawa.

Selengkapnya baca di sini

3. Pemberhentian Gubernur dan Wagub Bali Diumumkan, Koster Ungkap Rencananya

DENPASAR, BALIPOST.com – Masa jabatan Gubernur Bali, Wayan Koster dan Wakil Gubernur (Wagub) Bali, Tjok Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) periode jabatan 2018-2023, akan berakhir 5 September 2023. Usulan pemberhentian Gubernur Koster dan Wagub Cok Ace pun diajukan oleh Ketua DPRD Provinsi Bali, I Nyoman Adi Wiryatama dalam Rapat Paripurna ke-33 DPRD Provinsi Bali, Senin (24/7).

Baca juga:  Berenang di Pantai Sanur, Waspadai Ubur-ubur Bluebottle Beracun

Gubernur Koster ditemui usai Rapat Paripurna, mengatakan rencananya setelah masa jabatannya berakhir. Ia akan kembali ke kampung tanah kelahirannya di Desa Sembiran, Tejakula, Buleleng. “Kan berakhir 5 September 2023, setelah itu ya di kampung. Santai dulu, istirahat dulu,” ujar Gubernur Koster.

Selengkapnya baca di sini

4. Terkait TPST Kesiman Kertalangu, Gubernur Koster Angkat Bicara

DENPASAR, BALIPOST.com – Bau sampah di TPST Kesiman Kertalangu hingga kini belum mampu diatasi pengelola. Bahkan, sejumlah warga di dekat TPST berkali-kali melayangkan protes, karena terdampak bau tak sedap.

Baca juga:  Masih Jalani PPKM Level 3, Zona Risiko COVID-19 Bali Juga Belum Berubah

Terkait permasalahan tersebut, Gubernur Bali, Wayan Koster, angkat bicara. Gubernur Koster, mengatakan untuk mengetahui penyebab munculnya bau sampah di TPST Kesiman Kertalangu, pihaknya telah memerintahkan Kadis Lingkungan Hidup Provinsi Bali untuk mengecek penyebab bau.

Selengkapnya baca di sini

5. Banyak Kios Tutup di Lantai 3 dan 4 Pasar Badung, BOP hingga Sewa Nunggak

DENPASAR, BALIPOST.com – Keberadaan pedagang di Pasar Badung belum semua yang buka secara penuh. Terutama di lantai 3 dan 4, banyak kios tutup.

Para pedagang memilih tidak berjualan sehingga menyebabkan pembayaran biaya operasional pedagang (BOP) hingga sewa banyak yang nunggak. Hal tersebut diakui oleh Dirut Perimda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar, Ida Bagus Kompyang Wiranata saat dikonfirmasi Minggu (23/7).

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN