Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster saat menghadiri kegiatan Pasar Rakyat “Berbelanja dan Berbagi”, di Gedung I Ketut Maria, Tabanan, Selasa (18/7). (BP/Ist)

TABANAN, BALIPOST. com – Aktif memberikan perhatian melalui “Berbelanja dan Berbagi”, Tim Penggerak PKK Provinsi Bali yang dinahkodai Ny. Putri Suastini Koster kembali hadir di Kabupaten Tabanan. Diberikan kesempatan kepada masyarakat Tabanan, petani dan pelaku IKM/ UMKM untuk ikut serta, kegiatan pasar rakyat yang dirangkai ke dalam “Berbelanja dan Berbagi”, dihadiri oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Bali dan Ketua TP PKK dari masing-masing Kabupaten se-Bali.

Kegiatan ini sebagai gerakan peduli sesama dengan mengusung konsep gotong royong, yakni Tim Penggerak PKK yang berbelanja dan masyarakat yang menerima paket belanjaannya. “Kali ini kami hadir di Tabanan, setelah secara bergilir dilakukan di masing-masing Kabupaten. Kegiatan tentu bukan hanya membangkitkan rasa gotong royong dan mengeratkan persaudaraan, tetapi juga memberikan kesempatan kepada masing-masing Ketua Tim Penggerak PKK se-Bali untuk bersilaturahmi sekaligus berkontribusi dalam membangkitkan perekonomian rakyat. Jadi Ketua Tim Penggerak PKK se-Bali bisa berkumpul di Kabupaten lain secara bergiliran, dan bisa meningkatkan komunikasi antara satu dengan yang lainnya,” ujar Ny. Putri Koster saat menghadiri kegiatan Pasar Rakyat “Berbelanja dan Berbagi”, di Gedung I Ketut Maria, Tabanan, Selasa (18/7).

Baca juga:  Ritel Berjejaring dan Online Shop Marak, Pasar Rakyat Makin Terdesak

Pasar rakyat Tim Penggerak PKK Provinsi Bali yang bersinergi dengan Tim Penggerak PKK kabupaten/kota se-Bali ini merangkul penggiat kerajinan tangan atau pelaku IKM/UMKM, petani atau kelompok wanita tani di daerahnya masing-masing, dengan tujuan memberikan peluang bagi mereka untuk turut serta menampilkan dan memasarkan hasil produksi yang mereka miliki.

Ny. Putri Koster menjelaskan bahwa penguatan ekonomi membutuhkan sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung yang nyata, sehingga diperlukan mobilitas dan infrastruktur yang tertata kelola dengan baik. Untuk itu, pembangunan jalan tol dan shortcut menjadi salah satu program prioritas yang sedang di garap pada masa kepemimpinan Gubernur Bali, Wayan Koster dan Wagub Bali, Cok Ace saat ini.

“Untuk itu penguatan perekonomian rakyat menjadi sangat penting untuk diupayakan tumbuh sehat serta mampu menghidupkan pertumbuhan kesejahteraan keluarga yang melahirkan anak-anak, dan tumbuhnya generasi yang sehat, cerdas, kuat dan berkualitas,” tandas istri Gubernur Bali, Wayan Koster ini.

Baca juga:  Ny. Putri Suastini Koster Berharap Kemajuan Digital Dukung Upaya Pelestarian dan Pengembangan Dunia Fashion di Bali

Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabanan dalam ucapan selamat datangnya melaporkan bahwa daerah Tabanan merupakan daerah agraris yang tumbuh menghasilkan produk agro unggulannya. Seperti, beras, kopi, coklat, durian selalu berupaya menampilkan produk tersebut dalam pasar rakyat. Pada kegiatan kali ini, tercatat sebanyak 81 peserta yang menjual produk hasil bumi, Inovasi Pendanaan Pembangunan Kompetitif (IP2K), Kelompok Wanita Tani (KWT) dan pelaku IKM/UMKM.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan melibatkan kepala OPD, Staff ASN dan Non ASN di lingkungan pemerintah Kabupaten Tabanan dan masyarakat umum. Dan dilaporkan juga bahwa hingga pukul 10 pagi sudah tercatat sebesar Rp59 juta uang yang mampu diputar.

Ditambahkannya, bahwa pihaknya bersama anggota Tim Penggerak PKK selalu aktif melaksanakan sosialisasi untuk tidak menggunakan pembungkus berbahan plastik. “Dan untuk mengantisipasi masih adanya peredaran plastik, maka saya sarankan semua pihak khususnya pembeli untuk masing-masing membawa tas belanja non plastik,” tegasnya.

Ny. Rai Wahyuni berterima kasih atas program yang dilaksanakan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali ini, karena semua pihak dapat ikut serta merasakan dampak diberikan. Baik itu pelaku IKM/ UMKM dan juga petani, dengan tujuan menampilkan seluruh potensi yang dimiliki oleh kabupaten Tabanan untuk membangkitkan dan menggeliatkan perekonomian masyarakat kecil dalam upaya pemulihan perekonomian pasca Covid-19.

Baca juga:  Volume Transaksi Merchant QRIS Meningkat 400 Persen, BRI Terus Perkuat Keamanan Bertransaksi

Pada kegiatan Berbelanja dan Berbagi kali ini, diserahkan sebanyak 300 paket, yakni 100 paket dari Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, 100 paket dari Tim Penggerak PKK Kabupaten se-Bali dan 100 paket lagi merupakan sumbangan dari Paiketan Krama Istri (PAKIS) Provinsi Bali.

Sejumlah warga, baik pembeli, pelaku IKM/UMKM maupun penerima bantuan mengucapkan rasa bangga dan terima kasihnya terhadap program yang sedang dijalankan oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Koster, arena dampaknya yang sangat dirasakan. Salah satunya, Astri Lesmana mengatakan bahwa pihaknya sangat merasa terbantu dalam hal promosi produk yang dihasilkannya. Selain itu, Dewa Nyoman Rai warga asal Marga salah satu penerima bantuan sangat senang pihaknya mendapatkan perhatian dan bantuan dari Ny. Putri Koster. (kmb/balipost)

BAGIKAN