Ilustrasi. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Puluhan kucing di Polandia terbukti positif influenza. Kondisi ini disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Senin (11/7).

Menurut pernyataan WHO, ada sebanyak 29 dari 47 sampel kucing yang diambil positif influenza (H5N1) pada Selasa lalu. Disebutkan pula bahwa 14 kucing disuntik mati dan 11 kucing lainnya ditemukan mati, dengan kematian terbaru dilaporkan pada 30 Juni.

Belum diketahui pasti apakah kucing-kucing itu terpapar virus, namun penyelidikan terhadap fenomena epizootik (berkenaan dengan serangan penyakit terhadap banyak hewan dari jenis penyakit yang sama pada waktu yang sama) masih berlangsung, kata badan kesehatan dunia itu. “Meski sebelumnya terdapat laporan infeksi influenza sporadis pada kucing, kali ini merupakan pertama kalinya sejumlah besar kucing yang terinfeksi ditemukan tersebar di sebagian besar wilayah,” katanya dikutip dari Kantor Berita Antara.

Baca juga:  Labotarium Covid-19 di Sejumlah Negara Dilakukan Uji Sampel

WHO juga mengatakan bahwa risiko infeksi manusia usai melakukan kontak dengan kucing yang terinfeksi secara nasional masih rendah untuk masyarakat umum. Sementara itu, terdapat risiko sedang bagi pemilik kucing dan mereka yang melakukan kontak dengan kucing yang terinfeksi H5N1 selama bertugas, seperti dokter hewan, tanpa menggunakan alat pelindung diri yang tepat. (kmb/balipost)

BAGIKAN