Atap Patung Kumbakarna Karebut yang berada di Taman Budaya Bali, Art Center Denpasar terlihat keropos. (BP/win)

DENPASAR, BALIPOST.com – Bolongnya atap patung Kumbakarna Karebut yang ada di Taman Budaya Bali, Art Center Denpasar menjadi sorotan pengunjung Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-45. Padahal, jelang PKB prasarana yang ada di sekitaran Taman Budaya diperbaiki dan dipercantik.

Agaknya patung di Taman Budaya Bali, yaitu Patung Kumbakarna Karebut ini luput dari perbaikan. Bolongnya atap yang berbentuk seperti payung ini tak enak dipandang mata.

Baca juga:  Namanya Dikabarkan Masuk Bursa Cagub Golkar, Ini Kata Pj Gubernur Bali

Patung Kumbakarna Karebut yang melambangkan kesetiaan Kumbakarna yang rela mengorbankan jiwa bagi negaranya Alengka ini hampir setengah atapnya sudah bolong.

Kepala UPTD Taman Budaya Bali, I Wayan Ria Arsika, mengatakan bahwa Patung Kumbakarna Karebut ini belum mendapat perbaikan menjelang PKB XLV Tahun 2023 ini. Karena perbaikan difokuskan pada venue-venue utama yang digunakan sebagai tempat kegiatan PKB.

Kendati demikian, keroposnya atap patung ini direncanakan akan diperbaiki atau restorasi pada anggaran perubahan di Oktober 2023. “Ya, sudah mulai keropos (atap Patung Kumbakarna Karebut,red), rencananya akan diperbaiki di anggaran perubahan bulan Oktober 2023 mendatang,” kata Ria Arsika, saat dikonfirmasi, Minggu (16/7).

Baca juga:  Antisipasi Macet Umanis Galungan, Dishub Badung Siagakan Ratusan Personel

Seperti diketahui, Patung Kumbakarna Karebut ini dibuat oleh I Wayan Nyungkal dari Desa Tegalalang, Kabupaten Gianyar pada tahun 1975. Patung ini terinspirasi dari kisah Ramayana. (Winatha/balipost)

BAGIKAN