Seorang pelanggan berada di Warung Makan Betutu Bu Kadek Wati. (BP/apsari)

DENPASAR, BALIPOST.com – Salah satu kuliner Bali yang terkenal adalah ayam betutu. Di Bali banyak sekali warung ayam betutu yang dijadikan tempat kuliner wajib.

Warung Makan Betutu Bu Kadek Wati adalah salah satunya. Terletak di Jl. Gatot Subroto, Denpasar, warung ini merupakan bisnis yang dirintis Ni Made Suryawati dan suaminya.

Ditemui Jumat (14/7) di tempat usahanya, ia mengatakan telah memulai bisnis ini sejak 2004. Warung makan milik Suryawati ini buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai pukul 14.30 WITA.

Baca juga:  Dari Ribuan Burung Mati Berjatuhan hingga Selamatkan Bali dengan “Quarantine in Paradise”

Warung ini menyediakan aneka makanan selain nasi ayam betutu. Di antaranya ayam panggang, nasi kotak, nasi bungkus, nasi box, nasi yasa, rayunan pedanda, sate lilit, sayur urab, dan aneka snack.

Suryawati menjelaskan seharinya, produksi ayam betutu dan aneka olahan ayam lainnya bisa menghabiskan 20 sampai 25 kg ayam. Sedikit banyaknya jumlah ayam yang digunakan dalam sehari tergantung dari pesanan.

Jika ada hari besar keagamaan atau upacara keagamaan, pesanan ayam ekoran bisa lebih banyak. Warung makan milik Suryawati ini telah 19 tahun beroperasi namun tidak ada cabangnya. “Enggak ada cabang. Untuk sementara tidak buka cabang dulu, banyak sih yang nawarin untuk buka cabang, tapi belum kepingin,” ungkap wanita asal Gianyar.

Baca juga:  Kepemilikan Kokain, Perempuan Spanyol Dibui Setahun

Suryawati memaparkan jika resep pembuatan ayam betutu ini milik suaminya. Suaminya juga yang membuat racikan ayam betutu hingga kini.

Warung makan ini memang Suryawati dan suami buka dan kelola dari nol. Ia dan suami memutuskan berjualan Nasi Ayam Betutu di depan Kantor PDAM Badung.

Dari sana, warung makan betutu Bu Kadek Wati terus berkembang sampai saat ini. Suryawati mengatakan jika dalam 1 harinya penghasilan yang didapat mencapai Rp5 sampai Rp7 juta. (Apsari)

Baca juga:  Putusan Mantan Ketua LPD Sunantaya Ditunda
BAGIKAN