Petugas Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Karangasem saat melakukan vaksinasi massal di Desa Ban, Kecamatan Kubu. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Karangasem mengeliminasi ratusan anjing di Desa Ban, Kecamatan Kubu. Eliminasi itu dilakukan, pasca meninggalnya bocah usia 8 tahun akibat positif terjangkit rabies.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Karangasem I Nyoman Siki Ngurah, Kamis (13/7), mengungkapkan, tercatat ada sebanyak 295 anjing yang telah eliminasi dari 2.660 jumlah populasi anjing yang ada di sana. “Selain eliminasi, kita juga laksanakan vaksinasi massal,” ucapnya.

Baca juga:  Sejumlah Desa Tiru Langkah Desa Bengkala Kendalikan Rabies

Siki Ngurah mengatakan, kalau pelaksanaan vaksinasi massal dan juga eliminasi selektif yang pihaknya lakukan adalah untuk melakukan pencegahan awal. Sehingga kasus rabies di wilayah tersebut tidak semakin meluas. “Anjing yang kita eliminasi adalah yang usianya sudah tua dan tidak ada tuannya,” katanya.

Dia menjelaskan, kendati proses vaksinasi sudah tuntas dilakukan di Desa, akan tetapi petugas Puskeswan Kubu tetap melakukan penyisiran. Jika ditemukan ada anjing yang belum divaksinasi akan langsung divaksinasi. (Eka Parananda/Balipost)

Baca juga:  Vaksin Rabies Massal akan Digelar di Jembrana, Ini Jadwalnya
BAGIKAN