Wagub Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) menghadiri rangkaian Karya Pitra Yadnya, Ngeroras, Mamukur di Balai Peyadnyan Banjar Dinas Mumbul, Desa Jungutan, Bebandem, Karangasem, Sabtu (8/7). (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Wakil Gubernur (Wagub) Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) didampingi Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Bali, I Ketut Sukra Negara menghadiri rangkaian Karya Pitra Yadnya, Ngeroras, Mamukur di Balai Peyadnyan Banjar Dinas Mumbul, Desa Jungutan, Bebandem, Karangasem, Sabtu (8/7). Dalam kesempatan tersebut, Wagub Cok Ace menyampaikan apresiasinya atas semangat dari para krama Dadia Arya Kanuruhan menyelenggarakan karya Pitra Yadnya, Ngeroras dan memukur yang diikuti oleh 73 dadia Arya Kanuruhan di 7 Kecamatan di Karangasem secara gotong royong.

Wagub Cok Ace juga menyampaikan bahwasannya upacara pitra yadnya merupakan salah satu wujud bakti kita kepada orang tua. Dimana dalam ajaran Tri Rna yang dimaknai sebagai tiga hutang yang dimiliki manusia dan wajib untuk dibayar. Salah satunya adalah Pitra Rna atau hutang kepada para leluhur/ para orang tua.

Baca juga:  Capaian Kinerja 5 Tahun Tatanan Bali Era Baru, Koster-Cok Ace Bangun Infrastruktur Monumental dan Fundamental

“Saya sangat mengapresiasi semangat gotong royong krama dalam melaksanakan upacara Pitra yadnya sebagai bentuk bakti kita kepada para orang tua dan leluhur. Saya harap semangat gotong royong terus kita pupuk kedepannya baik dalam penyelenggaraan kegiatan agama maupun kemasyarakatan lainnya,“ ujar Wagub Cok Ace.

Karya Pitra Yadnya, ngeroras dan memukur diikuti oleh peserta ngaben sebanyak 286 sawa, metatah sebanyak 800 orang, serta upacara ngeroras sebanyak 460 peserta. Turut hadir pada kesempatan kali ini, Panglingsir Puri Klungkung Ida Dalem Semara Putra, Bupati Karangasem I Gede Dana, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, serta Bupati Karangasem 2005-2015, I Wayan Geredeg. (kmb/balipost)

Baca juga:  Bupati Giri Prasta Ajak Krama Tetap Taat Prokes
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *