Suasana di Pelabuhan Sanur, Denpasar. (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Hujan yang melanda Bali dalam 3 hari terakhir tidak menyurutkan niat warga untuk menggunakan angkutan laut. Seperti yang terjadi di Pelabuhan Sanur.

Tercatat pada libur Iduladha, terjadi peningkatan jumlah penumpang di pelabuhan ini. Jumlah kenaikan penumpang mencapai kisaran 50 persen dibandingkan hari normal.

Kawilker Sanur KSOP Kelas II Benoa, I Ketut Suratnata, saat dikonfirmasi Senin (3/6) mengatakan, jumlah penumpang khususnya pada Jumat (30/6) mencapai 7.800 orang. Sedangkan pada Sabtu (1/7), jumlah penumpang mencapai 7.200 orang.

Baca juga:  Tambahan Harian Kasus COVID-19 Nasional Masih di Atas 8.000! Pasien Sembuh Capai Rekor Baru

Dikatakannya jumlah ini mengalami kenaikan dibandingkan hari normal yang rata-rata mencapai 5.000-an per hari. “Dua hari itu saja puncaknya. Lalu Minggu (2/7) sudah normal kembali mencapai 5.200 penumpang,” ungkapnya.

Diakuinya, kenaikan jumlah penumpang memang selalu terjadi setiap hari Jumat, namun tidak sebanyak libur Iduladha dan cuti bersama ini. Pada libur panjang ini, jumlah wisatawan domestik dikatakannya cukup tinggi. “Biasanya rata-rata per hari wisatawan asing lebih banyak. Pergerakan penumpang domestik (lokal) juga dipengaruhi oleh adanya upacara yang sedang berlangsung di Nusa Lembongan,” terangnya.

Baca juga:  TNBB Terbaik se-Asia Pasifik

Lebih lanjut ia mengatakan, Nusa Penida masih menjadi tujuan yang dikunjungi dibandingkan Nusa Lembongan. Perbandingannya sekitar 5 ribuan kunjungan ke Nusa Penida, sementara ke Nusa Lembongan sekitar 2 ribuan. Dan untuk Nusa Lembongan, menurut Suratnata, 90 persen pengunjung adalah wisatawan asing.

Disinggung terkait cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari terakhir, Suratnata mengatakan penyeberangan sempat terganggu pada Minggu (2/7). Pihaknya yang sempat menunda keberangkatan kapal selama 30 menit. “Bukan karena gelombang ataupun lainnya. Karena jarak pandang yang terbatas,” imbuhnya. (Asmara Putera/balipost)

Baca juga:  Larangan Mudik, Perusahaan Otobus yang Melanggar Diancam Sanksi Ini
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *