BRI memperkuat layanan transaksi valas melalui BRImo. (BP/Dokumen BRI)

JAKARTA, BALIPOST.com – Kondisi ekonomi global yang masih diliputi dengan ketidakpastian berpengaruh pada stabilitas nilai tukar mata uang asing. Hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat yang memerlukan dana untuk berkegiatan di luar negeri maupun berbagai transaksi dengan menggunakan mata uang asing.

Namun, tabungan valas bisa menjadi salah satu solusi untuk mengantisipasi kondisi kurs yang fluktuatif, khususnya bagi nasabah yang memiliki kebutuhan untuk melakukan transaksi valas lintas negara.

Kini, nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk akan semakin mudah bertransaksi valas baik untuk keperluan transaksi ekspor/impor, ataupun untuk persiapan dana keperluan traveling maupun pendidikan ke luar negeri. Sebab, fasilitas ekosistem layanan valas yang lengkap bisa didapatkan dalam aplikasi SuperApps milik bank BRI, BRImo.

Cukup dengan mengakses BRImo, nasabah dapat memanfaatkan sejumlah fitur layanan valas yang terdiri dari, Fitur Buka Rekening BRItama Valas, Fitur Konversi Valas untuk jual beli valas, serta Fitur Transfer Internasional untuk pengiriman dana valas ke berbagai negara di seluruh dunia. Selain itu, melalui tabungan valas ini nasabah juga memiliki instrumen investasi alternatif dengan memanfaatkan naik turunnya nilai tukar mata uang asing.

Baca juga:  Saham BBRI Diproyeksi Sentuh Level 5 ribu

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto mengatakan bahwa BRI senantiasa mengedepankan customer experience yang difasilitasi secara terpadu dalam setiap layanan. Salah satunya adalah dengan memberikan fasilitas one-stop service melalui berbagai fitur pada BRImo.

Hal ini dilakukan agar nasabah dapat mendapatkan layanan yang optimal sesuai kebutuhannya. “Hadirnya BRImo, tentunya akan membuat BRI semakin fokus dalam menjaga availability dan reliability sehingga nasabah tetap nyaman bertransaksi melalui BRImo. BRImo juga terus melakukan update, baik dari sisi infrastruktur maupun arsitektur IT. Hal tersebut dilakukan agar BRImo dapat terus mengakomodir kebutuhan pertumbuhan transaksi nasabah”, ucap Andrijanto.

Untuk mengedukasi masyarakat terkait layanan transaksi valas, BRI menyelenggarakan acara bertajuk Talkshow “Mudah Transaksi Valas Bersama BRImo” yang dilaksanakan pada 14 Juni 2023 melalui kanal Youtube-nya. Acara tersebut bertujuan untuk menginformasikan sejumlah manfaat yang bisa didapatkan nasabah saat bertransaksi valas melalui aplikasi BRImo.

BRI akan terus memperluas jaringannya di seluruh dunia dengan tujuan untuk membuka akses sekaligus menghadirkan inovasi-inovasi baru bagi nasabah untuk mendapatkan layanan finansial terbaik. Secara kinerja, sampai dengan Mei 2023 hadirnya layanan transaksi valas di BRImo juga terus bertumbuh ditandai dengan peningkatan volume transfer antar negara melalui BRImo sebesar 167% dan volume konversi valas sebesar 229,88% dibandingkan tahun lalu.

Baca juga:  Kembali Digelar, BRI Microfinance Outlook 2024 Bahas Strategi Perkuat Inklusi Keuangan

Untuk memenuhi kebutuhan transaksi valas nasabah, BRImo menawarkan sejumlah manfaat berikut:
Nasabah memiliki akses membuka rekening valas untuk 10 jenis mata uang pilihan (USD, EUR, CNY, AUD, SGD, AED, GBP, JPY, HKD, dan SAR). Fitur Buka Rekening Valas memudahkan nasabah membuka rekening untuk melindungi aset valas yang dimilikinya dari dampak depresiasi nilai mata uang.

Untuk top up saldo rekening valas, Fitur Konversi Valas memudahkan nasabah untuk melakukan jual-beli valas secara real time dengan menawarkan nilai exchange rate yang kompetitif (BRImo Rate). Nasabah bahkan bisa melakukan transaksi minimum sebesar IDR200.000.

Transfer valas lintas negara juga bisa dilakukan melalui Fitur Transfer Internasional. Fitur ini menawarkan layanan transfer dengan tujuan ke lebih dari 100 mata uang asing, yang dilengkapi dengan beberapa opsi jalur pengiriman yang disesuaikan untuk kebutuhan nasabah.

BRI menjalin kerjasama yang kuat dengan berbagai Top Foreign Bank dan Global Money Service Businesses di berbagai negara untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi lintas negara. Melalui layanan terbaru Fitur Transfer Internasional, kini nasabah dapat melakukan transfer uang dengan beberapa metode alternatif, yaitu transfer ke rekening bank di berbagai negara, transfer ke berbagai dompet digital di negara lain, serta pengiriman dengan metode penerimaan secara tunai.

Baca juga:  BRI Juara Tunggal dari Indonesia, Sabet Sustainable Finance Awards 2023

Kini penerima dana (beneficiary) di negara lain dapat mengambil dana kiriman secara tunai tanpa perlu memiliki rekening bank. Penerima hanya perlu mengunjungi gerai milik mitra kerjasama BRI yang tersebar di berbagai negara untuk memproses pencairan tunai.

Dengan beragam inovasi yang dilakukan, BRImo telah digunakan oleh lebih dari 27,2 juta pegguna, dimana sampai dengan Mei 2023 jumlah transaksi finansial mencapai 1,1 Milyar transaksi hal tersebut meningat 87,76% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Sejalan dengan itu, nilai transaksi juga tembus Rp 1.547 Triliun dengan peningkatan 76,3% Year on Year.

“BRImo sendiri saat ini telah memiliki lebih dari 100 fitur dan terhubung dengan berbagai aggregator/biller terbaik. BRI juga memberikan killer features yang tentunya akan memberikan kemudahan dan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi. BRI terus mengembangkan BRImo dengan menyiapkan beragam fitur menarik yang mengedepankan pada ecosystem transaction di dalam BRImo,” pungkas Andrijanto. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *