Tim gabungan Basarnas Karangasem saat mengevakuasi bule tersesat di Lereng Gunung Agung, Selasa (13/6). (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Seorang WN Amerika Serikat berinisial GS (22) tersesat di lereng Gunung Agung pada Selasa (13/6). Karena tak tahu jalan turun, korban dievakuasi tim gabungan Basarnas dan BPBD Karangasem.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian itu terjadi sekitar pukul 19.30 WITA. Kalak BPBD Karangasem, IB Ketut Arimbawa, Rabu (14/6), mengatakan korban menghubungi rekannya di hotel tempatnya menginap di wilayah Pantai Berawa karena tak menemukan jalur turun menuju Pura Pasar Agung. Informasi itu diteruskan ke BPBD sekitar pukul 21.00 WITA.

Baca juga:  Maestro Seni Lukis dan Penglingsir Puri Agung Bangli, AA Gede Bagus Ardhana Berpulang

Menerima informasi itu, pihaknya langsung menurunkan 3 personel TRC Regu 1 ke Polsek Selat untuk melakukan asesmen. “Proses pencarian dilakukan puluhan orang dari tim gabungan Basarnas, BPBD, TNI, Polri, PMI, Pemandu dan warga setempat,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Pos SAR Karangasem, I Gusti Ngurah Eka Wiadnyana, mengatakan, Tim Ppencarian dan Pertolongan Karangasem tiba di Pos Pendakian Pura Pasar Agung, sekitar pukul 22.50 WITA. dan langsung melaksanakan. “Kita bergerak melakukan pencarian 23.00 WITA. Dan pukul 01.55, tim akhirnya menemukan target,” katanya.

Baca juga:  Korban Rasionalisasi Anggaran di Badung, SMPN 5 Abiansemal Batal Dibangun

Untuk proses evakuasi korban berlangsung sekitar tiga jam, karena korban tiba di Posko SAR Pura Pasar Agung sekitar pukul 04.45 WITA. “Setelah itu korban langsung kembali ke hotel tempat dia menginap,” jelas Eka. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN