Petugas Damkar Karangasem saat melakukan proses pemadaman. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Sebuah bangunan Pura Dalem Desa Adat Rendang, Kecamatan Rendang, Karangasem terbakar, pada Selasa (13/6) malam. Akibat kejadian tersebut, pengempon mengalami kerugian materiil hingga ratusan juta rupiah.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Karangasem, I Made Agus Budiyasa, Rabu (14/6) mengungkapkan, peristiwa kebakaran pura tersebut terjadi sekitar pukul 22.02 WITA. Menerima laporan tersebut, pihaknya langsung terjun menuju lokasi kejadian untuk melakukan penanganan. “Untuk proses pemadaman kita menerjunkan empat personel dan satu unit mobil Damkar dari regu 2 Pos Pemadam Selat,” ujarnya.

Baca juga:  Kapal Patroli Tabrak Kapal Tongkang, Polisi Asal Bangli Meninggal

Budiasa, mengatakan, bangunan pura yang terbakar tersebut ukuran 5×5 meter. Untuk penyebab kebakaran diduga akibat dupa yang lupa dimatikan saat persembahyangan yang dilakukan oleh krama setempat. “Akibat kejadian tersebut, pengempon pura mengalami kerugian materiil hingga ratusan juta rupiah,” katanya.

Sementara itu, Perbekel Rendang I Nengah Kariasa, mengatakan, dugaaan sementara kebakaran terjadi saat nuur pralingga yang akan mesucian. Sumber kebakaran diperkirakan karena dupa yang masih menyala.

Baca juga:  Panglima TNI Pimpin Pemakaman Doni Monardo

“Pascakejadian, hari ini pengempon melakukan pecaruan ayam biing dan pemarisuda, selanjutnya prajuru desa akan mengadakan paruman untuk membahasnya apa yang akan dilakukan selanjutnya,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *